Minuman Khas Sumatra Barat, Kawa Daun, Air Aka hingga Es Tebak

Penulis: Sonia

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Minuman ini tidak hanya berfungsi sebagai pelepas dahaga juga diyakini berfungsi sebagai obat dan baik bagi kesehatan.

Padang, Padangkita.com – Sumatra Barat (Sumbar) memiliki kekayaan kuliner yang khas. Tidak hanya lauk pauknya saja yang menggugah selera, seperti rendang dan gulai kepala ikan.

Ada pula banyak minuman khas yang berasal dari Sumbar. Minuman ini tidak hanya berfungsi sebagai pelepas dahaga juga diyakini berfungsi sebagai obat dan baik bagi kesehatan.

Berikut ini beberapa minuman khas Sumbar yang dirangkum dari Buku Makanan: Wujud, Variasi, dan Fungsi, serta Cara Penyajiannya Daerah Sumatera Barat yang ditulis oleh Nur Anas Zaidan dkk.

Kawa Daun

Berita Tanah Datar terbaru: UMKM Tanah Datar
Kopi Kawan Daun, minuman tradisional asal Tanah Datar (Foto: Esa, Padangkita.com)

Disebut juga dengan Kawa Daun atau Kopi Kawa, minuman ini berasal dari daun kopi. Uniknya minuman ini dihidangkan dengan tempurung kelapa yang dimodifikasi layaknya gelas. Minuman ini diseduh seperti menyeduh teh.

Cara membuat teh kawa yaitu siapkan daun kopi yang disangrai di sebuah wadah, biasanya wadah dari tanah liat. Kemudian tuangkan air panas. Kawa daun diminum selagi hangat, biasanya dihidangkan dengan sepiring gorengan. Tempat menikmati kawa daun paling terkenal di Sumbar yaitu di Bukik Siangin, Tabek Patah, Tanah Datar.

Air kumis kucing

Tumbuhan Kumis Kucing. [Foto: Ist]
Air Kumis Kucing salah satu jenis minuman yang diracik untuk mengobati sakit ginjal. Air Kumis Kucing salah satu minuman sehari-hari dan disajikan dalam cerek sebagai bekal bekerja.

Cara membuat Air Kumis Kucing yaitu daun Kumis Kucing diseduh dengan air panas.

Air Beras Rendang

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Minuman ini tidak hanya berfungsi sebagai pelepas dahaga juga diyakini sebagai obat.
Ilustrasi Beras. [Foto: pixabay.com]
Sama halnya dengan Kumis Kucing, air beras rendang berfungsi untuk obat. Cara membuat air beras rendang yaitu terlebih dahulu merendang atau menyangrai beras hingga warnanya kecoklatan.

Beras rendang tadi diseduh dengan air panas. Racikan ini siap digunakan untuk pengobatan pertama saat sakit perut.

Air Aka

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Minuman ini tidak hanya berfungsi sebagai pelepas dahaga juga diyakini sebagai obat.
Aia Aka. [Foto: Dok. Kaba Luak Limopuluah]
Air Aka terbuat dari sari pati daun cincau dan daun kaca piring. Kedua bahan utama itu kemudian dicampur dengan bahan lain seperti gula merah, santan, air asam, dan telur.

Air aka dipercaya dapat mengobati panas dalam dan masalah pencernaan.

Teh Talua

Teh Talua. [Foto: Dinas Pariwisata Sumbar/sumbar.travel]
Teh Talua atau Teh Telor terbuat dari telur yang dikocok dengan gula hingga tercampur dan mengembang. Adonan telur tadi kemudian dicampur dengan air teh pekat yang panas.

Agar tidak amis ditambahkan sedikit perasan air jeruk nipis. Minuman ini diminum untuk menambah tenaga dan meningkatkan stamina. Biasanya diminum di pagi hari sebelum melakukan pekerjaan-pekerjaan berat.

Baca juga: 4 Kuliner Khas Ranah Minang Kelezatannya Tak Ada Lawan, Pernah Coba?

Es Tebak

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Minuman ini tidak hanya berfungsi sebagai pelepas dahaga juga diyakini sebagai obat.
Es Tebak. [Foto: Sonia/Padangkita.com]
Sekilas es tebak terlihat mirip dengan es campur pada umumnya. Akan tetapi yang membuat beda yaitu tebak atau olahan tepung beras yang berbentuk putih dengan tekstur lebih keras dari cendol pada umumnya. Es tebak disajikan dengan sirup merah, santan, manisan kolang-kaling, cincau, dan agar-agar. [pkt]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist