Minang Mart Klaim Sudah Miliki 30 Gerai di Seluruh Sumbar

Penulis: Abimayu P
Gerai ke 30 Minang Mart di Lubuk Minturun (Foto: Manajemen Minang Mart)

Padangkita.com – Manajemen Minang Mart di bawah PT Ritail Modern Minang (RMM) mengklaim sudah mencapai 30 gerai, dan sekaligus meresmikan gerai ke 30 pada Sabtu (7/10/2017) besok di Lubuk Minturun.

“Besok, kami akan resmikan gerai ke 30. Semoga bisa terus bertambah,” kata Direktur PT RMM Syaiful Bahri, Jumat (6/10/2017).

Ia menuturkan, manajemen mengejar pembukaan 1.000 gerai Minang Mart di seluruh Sumbar guna memantapkan dominasi ritel lokal di daerah itu.

Menurutnya, dengan semakin banyaknya gerai Minang Mart akan ikut berkontribusi membuka lapangan kerja baru dan mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi daerah itu.

Sebab, dalam konsepnya, Minang Mart adalah usaha milik rakyat dan dibantu pengelolaannya oleh PT RMM untuk menangkal serbuan ritel berjaringan besar dari luar Sumbar.

Ia mengatakan untuk jangka pendek manajemen menargetkan mampu membuka 100 gerai di seluruh Sumbar. Target 1.000 gerai kemudian bisa dikejar dalam durasi empat atau lima tahun setelah beroperasi.

Syaiful menuturkan saat ini, selain dengan mengenalkan gerai dengan brand Minang Mart, mereka juga mengenalkan gerai percontohan Kedai Minang yang akan difokuskan untuk usaha skala mikro.

Minang Mart adalah perusahaan kongsi antara BUMD PT Grafika Jaya Sumbar dengan PT Sentra Distribusi Nusantara (SDN) yang dibentuk sebagai mitra toko milik masyarakat menjadi ritel modern dengan pelayanan dan kualitas dagangan yang bagus.

Syaiful menyebutkan sudah ratusan calon mitra yang mengajukan diri untuk membuka gerai Minang Mart di daerah itu.

Dalam sistem kemitraan dengan masyarakat, ia memastikan tidak sistem franchise yang hanya menguntungkan pemodal besar, seperti yang diterapkan jaringan besar ritel selama ini.

“Sistemnya murni kemitraan, jadi tidak ada fee yang ditarik manajemen kepada pemilik gerai,” katanya.

Untuk menjadi mitra Minang Mart, pemodal hanya diminta Rp300 juta plus ruko satu pintu atau ritel skala kecil Rp500 juta – Rp600 juta plus ruko dua pintu untuk ritel skala besar. Biaya itu sudah termasuk perbaikan fasilitas, penataan toko, dan isi barang.

 

Terpopuler

Add New Playlist