Mensos Risma Menyapu Halaman Makam Syekh Burhanuddin Ulakan Padang Pariaman  

Penulis: Redaksi

Parit Malintang, Padangkita.com – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini berkunjung ke Padang Pariaman untuk meninjau dan bertemu korban bencana longsor dan banjir, Sabtu (2/10/2021).

Dalam kunjungan tersebut, Mensos Risma berkesempatan menyapu halaman Kompleks Makam Syekh Burhanuddin saat meninjau lokasi bencana di Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman.

“Tokoh yang dimakamkan di sana dihormati oleh seluruhnya, ya, kita jaga kebersihan makamnya,” kata Tri Rismaharini di Ulakan Tapakis.

Mantan Wali Kota Surabaya ini mengatakan kawasan makam tokoh yang dihormati itu harus ditata dan dikelola dengan baik dan masyarakat yang datang tidak hanya berziarah, tetapi juga akan mendapatkan syafaatnya.

Menurutnya, ada yang salah dengan pengelolaan kawasan makam tersebut sehingga terjadi bencana pohon tumbang yang menimpa empat orang peziarah yang seoranga di antaranya meninggal dunia.

“Sepertinya ada sesuatu, jadi harusnya tidak terjadi (bencana),” ulasnya.

Sebelum menyapu halaman, Mensos Risma sempat mendatangi Makam Syekh Burhanuddin dan mendoakan tokoh penyebar agama Islam di daerah setempat.

Kunjungan Mensos ke Padang Pariaman untuk melihat langsung kondisi korban dan situasi daerah setelah bencana di Kecamatan Lubuak Alung dan di Kecamatan Ulakan Tapakis.

Risma juga menyerahkan bantuan kepada ahli waris korban longsor dan warga yang terdampak banjir.

Baca juga: Anak Korban Longsor di Padang Pariaman Terima Bantuan Rp105 Juta dari Mensos Risma

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur yang ikut mendampingi Risma menjelaskan, di kawasan tersebut sudah ada petugas kebersihan, namun saat ini sedang dilaksanakan tradisi basafa sehingga banyak peziarah datang. (*/pkt)

Terpopuler