Menjelajahi dan Merasakan Perjuangan Bung Hatta di Metaverse lewat HMH-Virtual

Penulis: Redaksi

Bukittinggi, Padangkita.com – Yayasan Proklamator Bung Hatta (YPBH) meluncurkan Museum Bung Hatta dalam bentuk virtual di platform Metaverse yang dinamakan Hatta Memorial Heritage Virtual (HMH – Virtual), di Istana Bung Hatta, Sabtu (13/8/2022).

Bupati Agam Andri Warman yang menghadiri peluncuran museum virtual tersebut mengatakan HMH-Virtual merupakan media pariwisata sejarah yang sesuai dengan kebutuhan generasi milenial.

“Apalagi generasi sekarang sangat akrab dengan dunia virtual. Melalui program virtual ini generasi muda sekaligus bisa belajar sejarah,” kata Andri Warman sebagaimana dimuat di situs AMC Agam.

Menurut dia, museum virtual ini merupakan usaha untuk melestarikan peristiwa sejarah, khususnya hal-hal yang bertalian dengan Bung Hatta.

Untuk itu, Andri Warman memberi apresiasi tinggi kepada YPBH yang telah meluncurkan HMH-Virtual. Menurut Andri Warman, Bung Hatta adalah Bapak Bangsa yang patut diteladani generasi sampai kapanpun.

“Museum metaverse ini semoga dapat dijadikan media pembelajaran bagi generasi kita. Meski jauh kebelakang, sejarah jangan sampai kita lupakan,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Peringatan 120 Tahun Bung Hatta, Iman Satria mengatakan peluncuran HMH-Virtual untuk menggugah masyarakat mengenang syiar perjuangan Bung Hatta agar lebih dikenal oleh generasi penerus.

Ia menyebutkan, HMH-Virtual juga merupakan upaya untuk merintis pembangunan Museum Hatta Memorial Heritage secara fisik. Pada tahap awal, YPBH lebih dulu mencanangkan HMH- Virtual yang menggunakan platform Metaverse.

Baca juga: Gubernur Mahyeldi Minta Generasi Muda Minang jadi Terdepan Mencontoh Bung Hatta

HMH-Virtual dirancang agar seseorang bisa menjelajahi dan merasakan perjalanan hidup dan perjuangan Bung Hatta serta menyaksikan tempat-tempat persinggahan Bung Hatta seperti rumah kelahiran, tempat pembuangan di Digul dan Banda Neira dan lainnya. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist