Menhub Budi Karya Sumadi Positif Corona, Begini Kronologinya

Penulis: Mentari Tryana

Jakarta, Padangkita.com – Kabar mengejutkan datang dari jajaran pemerintahan Republik Indonesia, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dinyatakan positif virus corona, Sabtu (14/3/2020).

“Atas izin keluarga yang disampaikan oleh Pak Kepala Rumah Sakit Gatot Soebroto tadi adalah Pak Budi Karya, Pak Menhub. Ini kami sampaikan atas izin keluarga,” kata Pratikno di gedung Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, dikutip dari Detik.

Pernyataan Praktikno dibenarkan pihak RS Gatot Subroto. Wakil kepala Rumah Sakit RSPAD Gatot Subroto, dr. Albertus Budi Sulistio menyebut pihaknya telah merawat seorang menteri kabinet Joko Widodo. Budi karya dirawat dengan nomor pasien 76.

“Saat ini beliau kita rawat di RSPAD. Sudah ada perbaikan,” kata Albertus dalam siaran breaking news TVone.

Baca juga: Naik lagi, Kasus Corona di Indonesia jadi 96 orang, 8 Sembuh

Sebagai Menteri Perhubungan, tugas Budi erat kaitannya dengan kunjungan ke berbagai tempat. Ia disebut banyak mengunjungi daerah-daerah vital untuk masuk ke Indonesia. Selain itu, Budi juga memiliki banyak tugas dalam penanganan epidemi corona.

Budi terlibat aktif dalam aksi evakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Diamond Princess dan World Dream. Budi diketahui berada di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jabar, pada Minggu (1/3).

Pada tanggal 4 Maret 2020, Budi mengikuti rapat terbatas di Istana Kepresidenan.

Dalam rapat yang dipimpin Wapres Ma’ruf Amin tersebut, turut hadir Menteri Agama Fachrul Razi, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo dan Wakil Menteri Pariwisata Angela Tanoesoedibjo.

Budi juga sempat menjadi pembicara pada Infrastruktur Outlook 2020, pada Senin (9/2/2020) di Kementerian Keuangan.

Tanggal 10 Maret, juru bicara Menhub Adita Irawati menyebutkan bahwa Budi mengalami sakit tifus setelah melakukan rangkaian kunjungan kerja.

“Saat ini Menteri Perhubungan Bapak Budi Karya Sumadi sedang beristirahat di rumah karena gejala tifus setelah beberapa waktu lalu melakukan rangkaian kunjungan kerja ke luar kota selama beberapa hari ke Toraja, Luwuk, Wakatobi, Makassar, Parepare, Kertajati, dan Indramayu,” ujar juru bicara Menhub, Adita Irawati, dilansir dari Detik.

Hari berikutnya, Budi menulis dalam akun twitter pribadinya tentang kegiatannya bertemu Menteri Infrastruktur dan Manajemen Air Belanda.

“Hari ini saya bertemu Menteri Infrastruktur dan Manajemen Air Belanda, Mrs. Cora Van Nieuwenhuize. Kami membahas peluang kerja sama di sektor transportasi.” tulisnya.

Meski demikian, belum ada konfirmasi dari pemerintah mengenai kebenaran bahwa Budi Karya tertular virus corona dari aktivitas yang dilakukannya.

“Keterlibatan beliau besar dan tugas beliau banyak dalam penanganan. Yang penting bagaimana kita berusaha keras agar beliau sehat,” kata Pratikno dikutip dari Tempo.

Pratikno menyebut bahwa pemerintah akan segera melakukan tracing, mencari siapa saja yang pernah melakukan kontak dengan Budi Karya.

“Menkes telah bertindak cepat untuk tracking da segera ttes jika perlu,” ujarnya dikutip dari Kumparan(*/try)


Baca berita terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler

Add New Playlist