Mengungkap Bumbu Rahasia Rumah Makan Tertua di Kota Batusangkar

Penulis: Isran Bastian

Batusangkar, Padangkita.com – Rumah Makan (RM) Selamat merupakan RM tertua di Kota Batusangkar, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar). RM legendaris ini tiap harinya menyediakan beraneka ragam hidangan masakan Minang dengan cita rasa yang otentik.

“Yang istimewa dari Rumah Makan Selamat ini adalah cita rasa dari rasa masakan yang disajikan benar-benar berbeda dari rumah makan lainnya,” ungkap YouTuber kuliner kenamaan, Herlina Basri dalam unggahan video YouTubenya, dilihat Padangkita.com, Sabtu (26/11/2022).

Rumah Makan tertua di Kota Batusangkar. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Herlina Basri]
Dalam video review berdurasi 17 menit tersebut Herlina juga menjelaskan kalau RM yang berdiri sejak tahun 1950 an dan berlokasi di tengah Kota Batusangkar atau tepatnya di Jalan Sukarno Hatta, Nomor 1 ini sudah 70 tahun lebih hadir di tengah masyarakat.

“Ini dagingnya empuk dan bumbunya benar-benar terasa,” ucap Herlina usai melakukan suapan pertama ketika memakan menu rendang.

Baru saja terpukau dengan cita rasa rendang, Herlina kembali dibuat takjub saat menjajal menu dendeng lambok lado merah, yang menurutnya rasa menu tersebut sangat khas dengan cita rasa yang sedikit pedas.

“Sama lado dendeng nya memang juara di sini. Mantap pokoknya,” puji Herlina lagi.

Tak sampai di situ, aksi santap Herlina kembali berlanjut dengan mencicipi menu gulai tambunsu. Menurut dia, gulai tambunsu RM Selamat juga tak kalah juara.

Total ada sebanyak 25 jenis menu yang tersedia. Menu tersebut di antaranya, mulai dari menu legendaris rendang, gulai cancang, gulai tambunsu, dendeng lambok, gulai daun ubi jariang dan tak ketinggalan ada juga samba buruak-buruak.

Samba buruak-buruakRumah Makan Selamat. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Herlina Basri]
Selain aneka hidangan kuliner, di sini juga tersedia menu lain seperti minuman teh talua (Rp12 ribu) dan juga kopi panggang (Rp11 ribu).

Setelah mencoba banyak menu, Herlina langsung mencari tahu apa sebenarnya yang menjadi bumbu rahasia dari RM Selamat.

“Dan ternyata salah satu rahasianya yaitu menggunakan bumbu yang satu ini. Namanya yaitu katumba mudo atau buah ketumbar yang masih muda,” ungkap Herlina.

Bumbu rahasia Rumah Makan Selamat. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Herlina Basri]
Baca Juga: Ada Makanan Langka! Aneka Jajanan Khas Minang di Pasar Tradisional Kambang Pessel

Bumbu katumba muda tersebut dimasak bersama bumbu yang lainnya dan menghasilkan sajian yang lamak bana rasanya. Jadi tidak heran ya, selama puluhan tahun pelanggan setia RM ini tidak pernah beralih ke lain hati. [isr]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist