Mendagri Ingatkan Pilkada Aman dari Penyebaran Covid-19, Tanah Datar Telah Rampungkan Persiapan

Penulis: Agg

Batusangkar, Padangkita.com – Tanah Datar termasuk salah satu daerah yang bakal ikut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020. Pelaksanaannya bakal menerapkan protokol kesehatan dan strategi-strategi khusus agar tidak terjadi penumpukan masyarakat di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Demikian diingatkan Mendagri Tito Karnavian dalam arahannya pada Rapat Koordinasi Kesiapan Pilkada Serentak tahun 2020 dan pengarahan kepada Satgas Covid-19. Rapat tersebut diikuti Gubernur Irwan Prayitno, Wakil Gubernur Nasrul Abit, Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus, Bupati/Wali Kota, Bawaslu dan KPU se-Sumbar, di Padang, Selasa (25/82020) malam.

“Harus ada proteksi diri perorangan, penyelenggara, pengawas, pengaman dan pemilih di Pilkada serentak masa pandemi Covid-19 dan mekanismenya akan diatur oleh KPU,” ujar Tito.

Tak hanya itu, mantan Kapolri ini mengharapkan semua pihak dapat berkontribusi menyukseskan pilkada serentak hingga konflik dan penularan Covid-19 dapat ditangani secara maksimal.

“Kita menghadapi situasi baru, kita harus beradaptasi, mudah-mudahan kita bisa menghadapi dampak Covid-19, menangani dampak sosial ekonomi dan bisa menyelesaikan Pilkada di tahun ini secara sukses. Sehingga terpilihlah pemimpin kuat khususnya di Sumatra Barat,” ujar Tito lagi.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Tanah Datar Melonjak 12 Orang, Pasien Sembuh Bertambah 6 Orang

Di tempat terpisah, di Gedung Indo Jolito usai mengikuti rakor virtual, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Tanah Datar, Suhermen mengatakan setelah berkoordinasi dengan Bawaslu dan KPU pada prinsipnya pilkada serentak di Tanah Datar tidak mengalami persoalan berarti.

“Anggaran menyambut persiapan pilkada telah dirampungkan, saat ini dalam proses pematangan sesuai dengan tahapan dibuat KPU dan kita berharap proses tahapan tersebut berjalan lancar sampai hari pemilihan,” ujar Suhermen.

Suhermen berpesan kepada petugas penyelenggara, pengawas dan pengamanan menerapkan protokol kesehatan secara ketata pada pelaksanaan pilkada serentak di Tanah Datar. Semua petugas akan dilengkapi alat pelindung diri sesuai arahan Kemendagri.

“Pemerintah daerah mendukung penyelenggaraan pilkada serentak yang memang berbeda dari pilkada sebelumnya, mudah-mudahan apa diharapkan bersama untuk terselenggaranya pilkada aman, sukses dan bersih dapat terlaksana dengan baik, lebih penting lagi aman dari Covid-19,” tambah Suhermen.

Rakor secara virtual juga dihadiri Kasdim 0307 TD Kapten Munawar, Wakapolres Tanah Datar Kompol Eridal, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Nuyeddisman, Staf Ahli Bupati Bidang Ekobang Nusyirwan, Asisten Ekobag Edi Susanto dan Kepala OPD lainnya. [agg/pkt]


Baca berita Tanah Datar terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler

Add New Playlist