Mendag Tinjau Harga Bahan Pokok di Pasar Bawah Bukittinggi, Hanya Minyak Goreng yang Naik

Penulis: Muhammad Aidil

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Harga kebutuhan bahan pokok cenderung stabil seperti beras dan gula

Padang, Padangkita.com – Menjelang memasuki bulan suci Ramadan, Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi, bersama Anggota DPR Andre Rosiade dan Wali Kota Bukittinggi Erman Safar meninjau harga kebutuhan bahan pokok di Pasar Bawah, Senin (5/4/2021).

Hasilnya, kata Lutfi, harga kebutuhan bahan pokok cenderung stabil seperti beras dan gula, meskipun minyak goreng mengalami kenaikan.

“Minyak goreng ini naik karena memang harga internasionalnya itu memang naik, yang biasanya USD 600, hari ini lebih dari USD 1.000,” katanya usai meninjau harga bahan pokok di Pasar Bawah.

Selain itu, kenaikan juga terjadi pada tahu dan tempe dalam tiga bulan terakhir. Dia memprediksi, harga kedua komoditas tersebut akan kembali stabil memasuki bulan Juni 2021.

Saat ini, kata dia, harga tahu dan tempe mencapai Rp13 ribu per kilogram dan diprediksi akan kembali normal di angka Rp8 ribu per kilogram.

“Kenaikan ini karena bahan bakunya berupa kedelai juga mengalami kenaikan. Negara penghasil utama seperti Brazil saja hari ini justru mengimpor dari Amerika Serikat, permintaan tertinggi itu datang dari Tiongkok,” ujarnya.

Mendag Lutfi menyampaikan, pihaknya akan terus memastikan harga sembako tetap stabil dengan pasokan yang lancar saat menjelang dan selama bulan suci Ramadan tahun ini.

“Prediksi kenaikan permintaan komoditas bahan pokok di Sumatra Barat (Sumbar) menjelang bulan puasa akan dibarengi upaya memastikan pasokannya berjalan lancar, sehingga tidak akan terjadi gejolak harga,” katanya.

Pantauan Padangkita.com di Pasar Bawah Bukittinggi, tidak ada kenaikan harga sejumlah bahan pokok seperti beras, gula, tepung terigu, daging sapi, dan bawang merah dibanding minggu lalu.

Komoditas yang harganya tetap sama dibanding minggu lalu antara lain beras jenis medium seharga Rp10 ribu per kilogram, beras premium Rp13 ribu per kilogram.

Kemudian, gula pasir Rp13 ribu per kilogram, tepung terigu Rp9 ribu per kilogram, dan kedelai Rp12 ribu per kilogram. Harga minyak goreng curah berada di harga Rp12.600 per liter dan minyak goreng kemasan Rp15 ribu per liter.

Selanjutnya, daging sapi Rp130 ribu per kilogram, bawang merah Rp28 ribu per kilogram dan bawang putih Rp26.000 per kilogram. Sementara daging ayam ras mengalami penurunan menjadi Rp35.700 per kilogram.

Baca Juga: Kunjungi Pasar Bawah Bersama Andre Rosiade, Mendag Segera Kirim Rekomendasi Pembangunan ke Kementerian PUPR

Sementara itu, harga komoditas yang terpantau naik dibanding minggu lalu adalah telur ayam ras di harga Rp24 ribu atau naik 7,14 persen dam cabai merah keriting naik 6,38 persen menjadi Rp50 ribu per kilogram. [pkt]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com

Terpopuler

Add New Playlist