Menag Bantah Penangguhan Visa Umrah Indonesia: Hoaks

Penulis: Mentari Tryana

Jakarta, Padangkita.com – Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi membantah adanya penangguhan penerbitan visa umrah untuk jemaah asal Indonesia oleh Arab Saudi.

Menurutnya informasi tersebut hanyalah hoaks atau kabar bohong.

Baca Juga

“Soal umrah ditutup, Insyaallah sejauh ini hanya hoaks saja,” kata Fachrul dalam rapat dengan Komisi VIII DPR, Rabu (18/11/2020).

Fachrul mengatakan akan ada pemberangkatan untuk jemaah umrah gelombang kedua asal Indonesia pada 22 November 2020 mendatang.

“Yang jelas insyaallah tanggal 22 November ini ada masuk gelombang kedua, akan berangkat ya,” ujarnya.

Baca juga: Arab Saudi Kembali Tangguhkan Visa Umrah Indonesia

Sebelumnya, sempat beredar informasi mengenai Arab Saudi yang menghentikan sementara penerbitan visa umrah jemaah asal Indonesia menyusul ada temuan 13 jemaah umrah Indonesia yang positif terinfeksi Covid-19.

Hal ini juga disampaikan oleh Pelaksana tugas (Plt) Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, Oman Fathurahman, usai melakukan koordinasi dengan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi dan pihak terkait lainnya.

“Saat ini Pemerintah Arab Saudi sedang menutup proses visa dalam rangka melakukan evaluasi dan pengaturan terhadap penyelenggaraan ibadah umrah bagi jemaah Indonesia,” kata Oman dalam keterangan resminya, Senin (16/11/2020).

Kemenag sebelumnya juga melaporkan sebanyak 13 jemaah umrah asal Indonesia dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 usai menjalani tes swab sebelum kembali ke tanah air. Akibatnya, ke-13 jemaah tersebut masih harus menjalani isolasi di Jeddah, Arab Saudi.

Sementara itu, 256 jemaah umrah lainnya sudah tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, hari ini, Kamis (12/11/2020). [*/try]


Baca berita terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler