Masjid Baitul Auliya Komplek Kantor Gubernur Diresmikan di Hari Jumat, Irwan Prayitno Jadi Khatib Perdana

Penulis: Redaksi
|
Editor: Zulfikar

Padang, Padangkita.com – Masjid Auliya di lingkungan kantor Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman No. 51 Kota Padang diresmikan, Jumat (8/1/2021).

Usai peresmian, langsung digelar salat jumat dan Gubernur Irwan Prayitno menjadi khatib yang merupakan khatib perdana di masjid tersebut.

Dalam khotbahnya, Irwan Prayitno mengangkat tema “Mari Berbuat Baik” dan ia menjelaskan bahwa setiap orang memiliki kewajiban untuk terus berikhtiar dan berbuat baik kepada sesama.

Kebaikan, kata Irwan, merupakan sifat utama bagi orang yang beriman. Karena, dalam keadaan bagaimanapun bagi orang beriman adalah kebaikan.

“Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang paling banyak memberikan manfaat bagi manusia yang lainnya. Saya percaya bahwa ada begitu banyak kebaikan dan keberkahan yang didatangkan Allah pada kehidupan seseorang, karena dirinya bermanfaat bagi orang sekitarnya,” ujar Irwan dalam khotbahnya.

Lebih lanjut, dijelaskan Irwan, dalam kehidupan sehari-hari tidak bisa lepas dari pergaulan sesama manusia. Dalam pergaulan itu, disadari atau tidak, sering melakukan sesuatu perbuatan yang menyakiti orang lain.

Orang-orang seperti itu, jelas Irwan, biasanya sangat emosional. Emosinya seringkali mengalahkan pikirannya meskipun mereka mungkin orang-orang yang sangat cerdas. Jika sudah emosional selalu diiringi dengan penyakit, seperti darah tinggi, jantung dan bahkan bisa mengakibatkan stoke.

Baca juga: Pemprov Sumbar Laksanakan Salat Iduladha 1441 H di Halaman Kantor Gubernur

“Jika kita termasuk orang seperti ini, kita harus belajar bagaimana mengendalikan ucapan-ucapan yang tidak baik dan menyakiti orang lain. Kita harus bicara yang baik karena segala sesuatu yang baik merupakan sedekah,” katanya. [*/zfk]


Baca berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler