Longsor Kembali Putus Jalan Simpang Empat – Talu Pasbar

Penulis: Isran Bastian

Simpang Empat, Padangkita.com – Belum lima jam pasca dibersihkan dan bisa dilalui kendaraan, Jalan Simpang Empat – Talu, tepatnya di Rimbo Kejahatan, Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) kembali terputus, Senin (7/3/2022) malam.

Sebelumnya jalan tersebut baru saja terputus akibat longsor dua beberapa hari lalu dan baru bisa dilewati kendaraan roda empat pada pukul 14.00 WIB siang tadi. Akses jalan itu kembali dilanda longsor setelah hujan mengguyur wilayah itu sejak pukul 15.00 WIB.

Kepala Kepolisian Sektor Talamau, AKP Junaidi saat dikonfirmasi Padangkita.com membenarkan kejadian tersebut. Pengakuannya, kejadian itu terjadi sekitar pukul 19.00 WIB tadi.

“Kejadiannya setelah maghrib tadi. Petugas alat berat sempat bekerja membersihkan material, namun karena hujan semakin lebat dan disertai gempa, akhirnya terpaksa kami hentikan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan,” ujarnya saat dihubungi melalui telepon selulernya, Senin (7/3/2022) malam.

Ia menyebutkan, bahwa saat ini pihaknya telah memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tidak mendekati atau mencoba melalui daerah longsor tersebut.

“Tadi ketika kami pantau di lapangan, menurut dugaan kami jalan itu kembali amblas. Namun karena kondisi malam hari, penerangan disana minim, hal ini belum bisa kami pastikan,” katanya.

Kemudian, pihaknya juga telah menutup akses jalan dari Talu menuju Simpang Empat bagi masyarakat yang bertujuan akan melakukan perjalanan untuk menghindari terjebak longsor di daerah tersebut.

“Karena memang lokasi dari Talu hingga ke Kajai itu rawan longsor, makanya kita imbau masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan. Begitu juga dengan personil Polsek, sudah saya tarik ke Mako hingga situasi normal,” paparnya.

Ditambahkan, sebelum kejadian ini pihaknya masih melakukan kegiatan penyaluran bantuan ke Jorong Timbo Abu menggunakan mobil off-road, namun setelah kejadian ini, untuk sementara dihentikan.

Baca Juga: Akses Jalan Simpang Empat – Talu Kembali Lancar, Bisa Dilewati Roda Empat

“Kepada seluruh pengguna jalan yang hendak menuju ke Timbo Abu, baik itu dari Simpang Empat ataupun dari arah Talu, kami minta untuk sementara ditunda. Karena mengingat kondisi daerah disini rawan akan longsor,” pungkasnya.

Informasi yang dikumpulkan kontributor Padangkita.com di lokasi, hingga pukul 22.45 WIB malam ini, jalan tersebut belum bisa dilewati kendaraan. Alat berat masih terlihat membersihkan area untuk membersihkan material tanah yang bercampur baru tersebut. ([rom/isr]

Terpopuler

Add New Playlist