Lima Masjid yang Wajib Disinggahi Saat Berkunjung ke Kota Padang

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Kota Padang bukan hanya wisata alam atau kuliner saja. Kota di pesisir pantai Sumatra ini juga dikenal dengan sejumlah objek wisata religi yang tentu saja rugi kalau dilewatkan.

Ada banyak masjid ikonik dan bersejarah yang layak untuk disinggahi di Ibu Kota Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) ini. Berikut 5 masjid di antaranya yang dirangkum Padangkita.com:

1. Masjid Raya Sumbar

Merupakan masjid terbesar di Sumatra Barat (Sumbar) dan berlokasi di pusat Kota Padang, atau lebih tepatnya di Jalan Khatib Sulaiman, Alai Parak Kopi.

Berbeda pada masjid umumnya, masjid ini justru tak memiliki kubah, melainkan memiliki atap khas Minangkabau.

Bagian atapnya meniru desain Rumah Gadang dengan empat sudut lancip ke langit. Sedangkan bangunannya berbentuk gonjong. Masjid seluas 4.430 meter persegi itu merupakan masjid yang sangat megah, lengkap dengan ukiran kaligrafinya yang indah.

Masjid ini nyaris tak pernah sepi dari pengujung, baik dari dalam maupun luar kota.

2. Masjid Baiturrahmah

Masjid megah ini berada di dalam kawasan kampus dan rumah sakit yang berlokasi di Jalan Bypass Aia Pacah.

Masjid ini dibangun pendiri Yayasan Baiturrahmah, H. Amran St Sidi Sulaiman pada 2017 lalu, dan diresmikan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Masjid ini memiliki banyak keunikan. Mulai dari arsitektur yang mirip dengan masjid-masjid di Turki, tata pencahayaannya juga unik saat malam hari. Masjid ini akan terlihat bercahaya hijau.

3. Masjid Al Hakim Pantai Padang

Masjid megah yang sekilas mirip dengan Taj Mahal di India ini, menjadi ikon wisata halal kota Padang.

Berlokasi di Jalan Samudra, Berok Nipah Padang. Bangunan masjid tepat berada di bibir Pantai Padang.

Sejak dibuka sejak tahun lalu, masjid ini nyaris tak pernah sepi pengunjung, baik yang datang untuk beribadah maupun sekadar berfoto-foto.

4. Masjid Raya Ganting

Merupakan masjid tertua di Padang yang dibangun pada awal tahun 1800-an. Hingga saat ini, arsitektur masjid masih mempertahankan bentuk awalnya, bahkan ubinnya pun masih asli dari sejak awal berdiri.

Kalau berkunjung ke masjid ini disarankan di luar waktu salat agat tidak begitu ramai sehingga bisa leluasa mengamati keindahan masjid ini.

Masjid ini berlokasi di Jalan Ganting Nomor 10, Kampung Ganting.

5. Masjid Muhammadan

Mesjid yang tepatnya berlokasi di Jalan Batipuah, Kelurahan Pasa Gadang, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, ini juga merupakan salah satu mesjid tua di Padang.

Desain masjid ini sangat kental dengan nuansa India dan Pakistan, hal tersebut terlihat dari ornamen masjid yang dihiasi warna putih dengan garis-garis hijau yang mendominasi. Di bagian dalam, tidak terlihat mimbar seperti lazimnya masjid-masjid yang ada di Padang.

Hanya ada jendela yang berbentuk seperti mimbar dan ditutupi kain hijau berlambang bulan dan bintang.

Baca juga: Ini 5 Rumah Makan “Lama” di Padang yang Tak Pernah Sepi Peminat hingga Sekarang

Keunikan lain masjid ini adalah proses pembangunannya yang menggunakan lapisan putih telur sebagai pengganti semen. (*/pkt)

Terpopuler