Lima Cover Lagu Minang yang Bikin Pendengarnya Ketagihan

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Selain terkenal dengan kuliner dan pariwisatanya, siapa sangka lagu Minang juga sangat digemari masyarakat saat ini.

Jika biasanya lagu Minang kita dengar saat pesta-pesta pernikahan atau acara resmi daerah, kini lagu asal Sumatra Barat ini juga kerap menghiasi ruang dengar di kafe maupun restoran.

Semakin populer dan diterimanya lagu Minang ini tidak terlepas dari eksistensi musisi-musisi muda yang remake ulang atau cover lagu Minang dengan nuansa yang lebih segar dan kekinian.

Dari sekian banyak lagu Minang yang di-remake, Padangkita coba pilihkan lima cover lagu Minang yang bakal bikin pendengarnya ketagihan.

1. Dplust Band – Mudiak Arau

Lagu karya Ajis Sutan Sati ini telah dipopulerkan oleh sejumlah artis-artis Minang kenamaan seperti almarhumah Elly Kasim, Ria Amelia, bahkan juga pernah dinyanyikan Judika.

Namun siapa sangka ada nuansa unik saat lagu ini dikemas ulang oleh Dplust Band. Mengusung musik pop rock, cover lagu ini tetap mendapat sentuhan aransemen khas minang, selain itu video klip versi Dplust juga menyuguhkan keindahan Sumatra Barat.

Hingga saat ini saja, 2,4 juta kali ditonton di platfrom Youtube.

 

2. Alvis Devitra feat Viqri – Ameh Loyang

Lagu percintaan dari ranah Minang ini, awalnya dipopulerkan oleh Ratu Sikumbang dan ditulis oleh Udin BRT.

Sejak saat itu sudah banyak penyanyi Minang yang membawakan ulang lagu ini.

Lagu ini juga cukup banyak di remake ulang oleh penyanyi muda maupun pendatang baru di Youtube, salah satunya oleh Alvis Devitra dan Viqri.

Keduanya mengemas lagu cinta ini lebih melow sehingga membuat yang mendengarkan terbawa suasana dan hanyut oleh alunan keyboard yang dimainkan Alvis.

Meskipun baru satu tahun diunggah ulang ke Youtube, lagu ini sudah ditonton 358 ribu kali.

 

3. Andi MF – Patah Bacinto

Patah Bacinto merupakan salah satu lagu minang yang hingga sekarang masih populer. Lagu ini juga pernah dinyanyikan ulang oleh Ratu Sikumbang, Boy Sandi, Zalmon, dan penyanyi minang lainnya.

Salah satu penyanyi muda, Andi MF mengemas ulang dan merilis lagu galau ini melalui akun YouTube-nya.

Hingga saat ini, remake Patah Bacinto versi Andi sudah ditonton hingga 4 juta kali.

 

4. RYND Band – Takicah di Nan Tarang

Lagu yang populer di tahun 2014 ini ditulis oleh Dasri Syahri dan dipopulerkan oleh Jhon Kinawa, Ratu Sikumbang dan penyanyi Minang lainnya.

Kini RYND Band kembali merilis lagu tersebut dengan sentuhan aransemen modern bernuansa jazz, sehingga lagu tersebut juga bisa dinikmati tidak hanya orang tua tetapi juga anak muda.

Untuk mempertahankan unsur musik Minang, instrumen tradisional seperti Bansi, suling & talempong dimasukkan dalam paket irama jazz modern.

 

5. Ridho Riyansa – Pulanglah Adiak/Uda

Lagu minang ini aslinya berjudul “Pulanglah Uda” diciptakan oleh Syam Tanjung & Yongky RM dan rilis pada tahun 1993.

Dipopulerkan oleh Hetti Koes Endang dan sejumlah musisi legendaris Minang lainnya, lagu ini mulai banyak di-remake penyanyi pria sehingga merubah sedikit judul dan lirik aslinya.

Salah satu penyanyi muda Minang belum lama meng-cover lagu ini adalah Ridho Riyansa, ia mengemas ulang lagu ini dengan balutan slow rock.

Baca Juga : Daftar Penyanyi Minang Wanita yang Karyanya Ada di Youtube

Karakter vokal ridho yang tebal dan gurih, membuat siapa saja yang mendengarkan cover lagu ini jadi ketagihan. [hdp]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

 

Terpopuler

Add New Playlist