Laba Bersih Jasa Marga Naik 34,4% di Kuartal III 2022, Pendapatan Usaha Capai Rp10,2 triliun

Penulis: Redaksi

Jakarta, Padangkita.com – PT Jasa Marga (Persero) Tbk menunjukkan konsistensi dalam menjaga kinerja positif hingga Kuartal III Tahun 2022. Salah satunya, dengan berhasil mencatat kenaikan Laba Bersih sebesar 34,4% dibandingkan dengan Kuartal III Tahun 2021.

Kinerja Jasa Marga mengalami peningkatan yang tercermin dari pencapaian Pendapatan Usaha sebesar Rp10,2 triliun atau tumbuh 23,7%. Ini merupakan kontribusi dari kinerja Pendapatan Tol sebesar Rp9,3 triliun atau naik 22,6% dan kinerja Pendapatan Usaha Lain sebesar Rp892,1 miliar atau naik 36,3% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

“Beroperasinya ruas-ruas jalan tol baru dan adanya peningkatan mobilisasi masyarakat menjadi katalis positif terhadap kenaikan volume lalu lintas Perseroan (Jasa Marga),” ungkap Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Lisye Octaviana dalam keterangan tertulis, Selasa (15/11/2022).

Tidak hanya itu, kata Lisye, EBITDA Perseroan juga mengalami pertumbuhan sebesar 20,3% seiring dengan peningkatan kinerja Pendapatan Tol di Triwulan III 2022. Begitu pun dengan realisasi EBITDA Margin mencapai 63,3% dengan beroperasinya sejumlah ruas tol baru dan upaya efisiensi yang dilakukan Perseroan.

“Dalam rangka mengoptimalkan portofolio bisnis perusahaan, sepanjang tahun 2022, Jasa Marga melanjutkan program asset recycling sebagai bagian dari strategi korporasi untuk menyeimbangkan pertumbuhan dan kesinambungan bisnis Perseroan,” kata Lisye.

Saat ini, lanjut dia, Jasa Marga tengah menyiapkan program equity fundraising melalui PT JTT sebagai tindak lanjut rencana Perseroan untuk mendapatkan pendanaan baru berbasis ekuitas.

Diketahui, Jasa Marga terus berusaha mengejar target jalan tol sepanjang 1.809 km, sebagaimana total konsesi jalan tol yang dimiliki. Saat ini, Jasa Marga mengelola jalan tol operasi sepanjang 1.260 km. Ini setara dengan 50 persen panjang tol operasi di seluruh Indonesia.

Ada 6 proyek pembangunan jalan tol yang ditarget selesai secara bertahap pada periode 2022-2025. Keenam proyek jalan tol tersebut adalah Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan untuk Paket III Sukabungah-Sadang dan Paket II Setu-Sukabungah.

Baca juga: Daftar Proyek Jalan Tol yang akan Diselesaikan Jasa Marga Periode 2022-2025

Kemudian, Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri untuk Seksi Kediri-Kertosono, Jalan Tol Bogor Ring Road untuk Seksi Simpang Semplak-Junction Salabenda, dan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi untuk Seksi Probolinggo-Besuki. Selanjutnya Jalan Tol Yogyakarta-Bawen dan Jalan Tol Gedebage-Cilacap untuk Seksi Gedebage-Garut Utara. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist