Kwarcab 0317 Gerakan Pramuka Pasaman Barat Sukses Gelar Lomba Tingkat II

Penulis: Isran Bastian

Simpang Empat, Padangkita.com – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka 0317 Pasaman Barat (Pasbar) sukses melaksanakan Lomba Tingkat II Pramuka Penggalang. Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di 11 Kwartir ranting/kecamatan se Pasbar.

Ketua Kwartir Cabang 0317 Pasaman Barat, Risnawanto mengatakan, kegiatan ini sengaja dilaksanakan di seluruh Kwartir Ranting sebagai bentuk implementasi Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014, tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

“Kegiatan yang dilaksanakan itu berbentuk perlombaan keterampilan, seperti lomba Pionering, Peraturan Baris Berbaris (PBB), Hasta Karya, Tapak Perkemahan, memasak masakan tradisional dan MSQ,” kata Ketua Kwarcab 0317 Pasbar, Risnawanto ditemui di Sekretariat Kwarcab, Kamis (4/8/2022) siang.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pasaman Barat, H.Risnawanto saat membuka kegiatan di Kecamatan Lembah Melintang. [Foto: Dok. Kwarcab Pasbar]
Lomba ini dilaksanakan dalam dua gelombang, yaitu gelombang pertama dilaksanakan pada tanggal 22-24 Juli 2022 untuk di Kecamatan Kinali, Luhak Nan Duo, Pasaman, Sasak Ranah Pasisia dan Talamau.

Kemudian gelombang kedua, dilaksanakan pada tanggal 29-31 Juli 2022 untuk wilayah Kecamatan Gunung Tuleh, Sungai Aur, Lembah Melintang, Koto Balingka, Ranah Batahan, dan Sungai Beremas.

Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pasaman Barat, Agusli saat membuka kegiatan di Kecamatan Gunung Tuleh. [Foto: Dok. Kwarcab Pasbar]
Risnawanto menyebutkan, kegiatan kepramukaan merupakan salah satu media pembinaan watak dan karakter generasi muda yang harus terus didukung oleh seluruh pihak, baik itu pemerintah maupun masyarakat.

“Hampir 3 tahun belakangan ini kegiatan kepramukaan tidak ada berjalan akibat pandemi COVID-19, untuk itu disaat ini situasi yang sudah mulai normal harus kembali kita bangkitkan gairah semangat kepanduan pada tubuh generasi muda kita,” ujarnya.

Disamping pembinaan watak dan karakter kata Risnawanto, Gerakan Pramuka bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik dan melatih kekompakan diantara sesama anggota pramuka.

“Kita berharap melalui Lomba Tingkat II ini nantinya bisa melahirkan insan pramuka yang berkemampuan dan mahir dalam teknik kepramukaan sehingga bisa dilanjutkan nantinya ke Lomba Tingkat III dan Lomba Tingkat IV bahkan harapan kita Pasbar bisa mewakili Sumbar untuk Lomba Tingkat V Nasional tahun 2023 mendatang,” ungkapnya.

Pemasangan tanda peserta kegiatan LT II Kwarran Koto Balingka oleh Ka. Kwarcab 0317 Pasaman Barat, H. Risnawanto didampingi Ka. Kwarran Koto Balingka, Zahrul Rozi. [Foto: Dok. Kwarcab Pasbar]
Ditambahkan Risnawanto, antusiasmenya para peserta didik untuk ikut kegiatan kepramukaan sangat terlihat jelas. Contohnya saja di Kwarran Kinali peserta yang mengikuti lomba tingkat II ini jumlahnya mencapai 776 orang.

“Kita harap para majelis guru dan pembina pramuka di sekolah agar terus melatih dan membina generasi muda penerus bangsa ini dengan serius dan berkesinambungan. Mudah-mudahan kedepan kegiatan pramuka jauh lebih semarak dan meriah lagi,” ungkap Risnawanto yang juga menjabat Wakil Bupati Pasaman Barat periode kedua ini.

Terakhir, Risnawanto juga menyampaikan ucapan terimakasih atas kerjasama mulai dari Pembina Gugus Depan, Kamabigus (Kepala Sekolah), Majelis Pembimbing Ranting, Pengurus Kwartir Ranting, dan pengurus Kwartir Cabang sehingga terlaksananya kegiatan Lomba Tingkat II tersebut.

Perlombaan Pionering pada LT II di Kwarran Kinali. [Foto: Dok. Kwarcab Pasbar]
“Mari terus susun kegiatan pembinaan praja muda karana. Tidak usah banyak kegiatan, cukup satu atau dua saja akan tetapi berbobot. Daripada banyak namun tidak ada yang terlaksana. Kita dari Kwarcab dan Pemerintah Daerah siap dan selalu mendukung setiap kegiatan yang sifatnya positif dan bermanfaat bagi masyarakat umum,” imbuhnya.

Senada dengan itu, Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Ka.Mabicab) Gerakan Pramuka Pasaman Barat, Hamsuardi menilai kegiatan ekstrakurikuler pramuka mampu melatih mental pemimpin masa depan Kabupaten Pasaman Barat.

“Di Pramuka ini melatih mental menjadi kuat, saya yakin yang aktif ikut kegiatan pramuka adalah praja pilihan di sekolahnya masing-masing. Karena tidak semua generasi muda tertarik untuk ikut Pramuka,” ujarnya.

Perlombaan PBB pada LT II Kwarran Lembah Melintang. [Foto: Dok. Kwarcab Pasbar]
Ia menambahkan, bahwa para anggota pramuka itu berbaur antara satu dengan yang lainnya sehingga tercipta kebersamaan, kekompakan dan kerjasama yang luar biasa.

Baca Juga: Hamsuardi: Pramuka Melatih Mental Calon Pemimpin Pasbar

“Banyak nilai yang terkandung di dalam pramuka ini. Untuk itu, saya berharap kepada semua anggota pramuka dan para pembina serta pengurus pramuka agar menjalankan kegiatan pramuka itu dengan serius dan disiplin. Karena di tangan kalianlah estafet kepemimpinan ini di masa mendatang,” pungkasnya. [rom/isr]

Terpopuler

Add New Playlist