Hamsuardi: Pramuka Melatih Mental Calon Pemimpin Pasbar

Penulis: Isran Bastian

Simpang Empat, Padangkita.com – Pramuka dinilai mampu melatih mental para calon pemimpin masa depan Kabupaten Pasaman Barat. Demikian disampaikan Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Ka.Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Pasaman Barat, Hamsuardi.

“Di Pramuka ini melatih mental menjadi kuat, saya yakin yang berada di perkemahan ini adalah praja pilihan dari sekolah masing-masing,” kata dia saat membuka kegiatan lomba tingkat II Kwartir Ranting Sungai Aur di Bumi Perkemahan Simpang Gadang, Kecamatan Sungai Aur, Sabtu (30/7/2022).

Pramuka yang merupakan singkatan dari Praja Muda Karana ini bisa diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat terutama peserta didik. Adapun kegiatan pramuka berbentuk lomba dan pertemuan.

Ia menambahkan, di Kecamatan Sungai Aur saja sekitar 22 Sekolah Dasar (SD) dan delapan SMP ambil bagian mengikuti lomba tingkat II ini. Mereka berbaur antara satu dengan yang lainnya sehingga tercipta kebersamaan, berkelompok dan bekerja sama.

“Banyak nilai yang terkandung didalamnya. Untuk itu, saya berharap kepada semua peserta LT II di Kwarran ini mengikuti dengan serius dan disiplin. Karena di tangan kalianlah estafet kepemimpinan ini di masa mendatang,” ujarnya.

Apalagi katanya pola pendidikan dahulu dengan sekarang sudah jauh berbeda. Sekarang peserta didik sudah jauh lebih pintar dan hafalan pelajaran juga lebih banyak.

“Malah dalam menghafal Alquran mereka juga lebih pintar dibandingkan dengan saya dahulu,” ungkap Bupati.

Hamsuardi juga mengapresiasi perlombaan yang dilakukan oleh para peserta lomba, seperti lomba PBB, Pionering, pentas seni, hasta karya, jelajah alam dengan menggunakan peta dan kompas serta navigasi darat.

Baca Juga: 2 Mantan Direktur RSUD Pasbar Ditahan, Satu Tersangka Pingsan Usai Pemeriksaan

“Ilmu yang didapatkan pada kegiatan ini tentu tidak semua orang bisa mempelajarinya. Itulah satu keuntungan yang didapat oleh anggota pramuka,” ujarnya.

“Kedepan mari terus kita tingkatkan latihannya di sekolah-sekolah atau gugus depan,” pungkas Bupati Hamsuardi yang juga merupakan Mantan Kadispora Pasbar ini. [rom/isr]

Terpopuler

Add New Playlist