Berita

KRI Teluk Bone 511 yang Dihibahkan ke Pariaman Pernah Dipakai AS di Perang Dunia II dan Vietnam  

×

KRI Teluk Bone 511 yang Dihibahkan ke Pariaman Pernah Dipakai AS di Perang Dunia II dan Vietnam  

Sebarkan artikel ini
Wali Kota Pariaman Genius Umar menyerahkan cendera mata berupa batik sampan khas Kota Pariaman kepada Wakil Atase Kebudayaan Kedubes AS, Abraham Y. Lee. [Foto: Diskominfo Pariaman]

Pariaman, Padangkita.com – Wali Kota Pariaman Genius Umar menerima kunjungan Wakil Atase Kebudayaan AS, Kedutaan Besar Amerika Serikat, Abraham Y. Lee di rumah dinas wali kota Pariaman, Minggu (8/10/2023) malam.

“Kami menyambut baik kunjungan Wakil Atase Kebudayaan Amerika di Kota Pariaman, dan kunjungan ini menjadi kunjungan terakhir saya menerima tamu di rumah dinas ini, sebagai wali kota Pariaman,” kata Genius dalam keterangannya dikutip Senin (9/10/2023).

Ia menyebut banyak hal yang dapat dikerjasamakan dengan Amerika. Mulai dari sejarah dan budaya, sampai pendidikan dan pariwisata. Apalagi, kata Genius, Pariaman sedang membangun museum bahari menggunakan eks KRI Teluk Bone 511.

Menurut Genius, kapal perang tersebut pernah dipakai oleh Amerika waktu Perang Dunia II dan Perang Vietnam.

“Kedatangan Wakil Atase Kebudayaan, Kedutaan Besar Amerika Serikat (Kedubes AS) ini, harus dapat kita ambil manfaatnya. Karena itu, pada kesempatan ini kita juga menyerahkan surat kepada Kedubes AS untuk pertukaran bidang pendidikan dan sejarah. Mengingat kita merupakan satu-satunya di indonseia yang menjadikan kapal perang eks AS, untuk dijadikan museum,” ungkap Genius.

Sementara itu, Wakil Atase Kebudayaan Kedubes AS, Abraham Y. Lee mengatakan, bahwa kunjungannya merupakan kunjungan dirinya yang pertama ke Sumater. Ia mengaku sangat tertarik dengan Kota Pariaman, apalagi ia sering mendapat rujukan soal Pariaman.

“Kota Pariaman mempunyai kebudayaan dan adat istiadat yang unik, dengan etnis Minangkabau yang kental. Apalagi di daerah ini yang paling ingin saya kunjungi adalah hutan mangrove dan penangkaran penyu yang ada di Desa Apar,” kata , pria berdarah Amerika dan Korea ini.

Abraham menuturkan, selain mengunjungi Kota Pariaman, ia juga akan mengunjungi American Corner yang ada di kampus Universitas Andalas (Unand) Padang.

Ia berharap, masyarakat Sumatra Barat (Sumbar) dapat dapat mengunjungi tempat tersebut untuk mengenal lebih dekat tentang Amerika.

Turut menemani Genius dalam pertemuan itu Asisten II Setdako Pariaman Elfis Candra, Kepala Bagian Organisasi Lia Lestari dan Kabid e-Gove Dinas Kominfo Kota Pariaman Reza Novandri. Hadir pula Ketua Program dari Kedubes AS untuk Indonesia, Yolia.

Baca juga: KRI Teluk Bone 511 Tiba di Pantai Pariaman, Jadi Museum Bahari Satu-satunya di Indonesia

Pada kesempatan itu, Genius Umar juga menyerahkan Batik Sampan khas Kota Pariaman kepada Abraham Y. Lee, dilanjutkan dengan menikmati makan sate pariaman bersama. [*/pkt]

Baca berita Pariaman terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.