KPU Limapuluh Kota Tetapkan DPS Pilkada 268.757 Pemilih, Terbanyak Masih di Kecamatan Harau

Berita Pilkada Limapuluh Kota terbaru dan berita Sumbar terbaru: KPU Limapuluh Kota sudah menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pilkada 2020

Sarilamak, Padangkita.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Limapuluh Kota sudah menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pilkada 2020. Berdasarkan DPS yang ditetapkan pada Senin malam itu (14/9/2020), pemilih terbanyak masih di Kecamatan Harau dan pemilih paling sedikit di Kecamatan Gunuang Omeh.

“DPS Kabupaten Limapuluh Kota untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, sudah ditetapkan. Jumlah pemilih sementara di Kabupaten Limapuluh Kota adalah 268.757 pemilih. Terdiri dari 131.211 pemilih laki-laki dan 137.546 pemilih perempuan,” kata Arwantri, Komisioner KPU Limapuluh Kota Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih kepada wartawan, Selasa malam (15/9/2020).

Menurut Komisioner KPU Limapuluh Kota Divis Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Rina Fitri, sebelum DPS Limapuluh Kota itu ditetapkan, KPU Limapuluh Kota secara berjenjang sudah melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) terhadap Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) di daerah ini.

“Jadi, DPS yang ditetapkan ini, sudah berdasarkan hasil penelitian terhadap DP4 yang diserahkan Disdukcapil,” kata Rina Fitri.

Hal senada disampaikan anggota KPU Limapuluh Kota Divisi Hukum dan Pengawasan, Amfreizer. Menurut mantan wartawan MetroTV ini, dalam DPS Limapuluh Kota yang ditetapkan pada Senin lalu (14/9/2020), jumlah pemilih terbanyak, masih di Kecamatan Harau. Disusul, Kecamatan Lareh Sago Halaban dan Kecamatan Guguak.

Baca Juga: Ini Profil Empat Paslon di Pilkada Limapuluh Kota dan Tim Mereka

“Di Kecamatan Harau, jumlah pemilih sementara, tercatatat sebanyak 36.107 pemilih. Sedangkan di Kecamatan Lareh Sago Halaban, jumlah pemilih sementara, sebanyak 27.817 pemilih. Sementara di Kecamatan Guguak, jumlah pemilih sementara, sebanyak 25.770 pemilih,” kata Amfreizer.

Menyusul ketiga kecamatan itu, jumlah pemilih terbanyak di Limapuluh Kota adalah di Kecamatan Payakumbuh, dengan jumlah sebanyak 25.408 pemilih. Disusul, Kecamatan Pangkalan Koto Baru dengan jumlah pemilih sementara sebanyak 20.323 pemilih dan Kecamatan Akabiluru dengan jumlah pemilih sementara sebanyak 20.701 pemilih.

“Sedangkan Kecamatan Kapur IX, jumlah pemilih sementaranya, sebanyak 19.802 pemilih. Lalu, Kecamatan Luhak, jumlah pemilih sementaranya, sebanyak 19.573 pemilih. Kemudian, Kecamatan Mungka, dengan jumlah pemilih sementara, sebanyak 18.925 pemilih,” kata Amfreizer.

Adapun di Kecamatan Bukit Barisan, jumlah pemilih sementaranya, tercatat sebanyak 17.234 pemilih. Disusul, Kecamatan Situjuah Limo Nagari dengan jumlah pemilih sementara sebanyak 16.246 pemilih. Kemudian, Kecamatan Suliki, dengan jumlah pemilih sementara, sebanyak 10.806 pemilih. Serta, Kecamatan Gunuang Omeh, dengan jumlah pemilih sementara, sebanyak 10.045 pemilih.

KPU Limapuluh Kota akan menyerahkan DPS untuk Pilkada 2020 ini kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) di masing-masing nagari. Dengan tujuan, agar dapat ditempelkan di ditempat-tempat umum supaya mudah dilihat oleh pemilih dan bisa dikroscek kembali.

“Apabila ada data yang tidak sesuai atau tanggapan dari masyarakat bisa melaporkan kepada PPS, untuk segera ditindak lanjuti,” kata Ketua KPU Limapuluh Kota Masnijon. [gse/pkt]


Baca berita Pilkada Limapuluh Kota terbaru hanya di Padangkita.com