Korea Utara Pamer Rudal Balistik Raksasa Baru dalam Parade Militer

Penulis: Mentari Tryana

Pyongyang, Padangkita.com – Korea Utara memamerkan rudal balistik raksasa dalam parade militer yang digelar pada Sabtu (10/10/2020) lalu. Parade yang dipimpin langsung oleh Kim Jong Un ini merupakan bagian dari perayaan hari jadi ke-75 Partai Buruh.

Parade ini menjadi yang pertama diadakan Korut sejak dua tahun terakhir. Gelarannya dimulai sejak Sabtu dini hari sebelum fajar.

Baca Juga

Arak-arak senjata pertama menampilkan kapal selam Puguksong 4A, kemudian disusul dengan rudal balistik antarbenua (ICBM) yang disebutkan berukuran sangat besar.

Para tentara yang mengikuti parade itu pun disebutkan memakai senjata serbu baru.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengatakan Korea Utara akan terus memperkuat militernya dan terus membangun kemampuan nuklirnya. Pertunjukan ICBM baru di parade semakin menguatkan klaim negara pimpinan Kim Jong-un itu.

Baca juga: Belum Sembuh Covid-19, Donald Trump Ngotot Lanjutkan Kampanye

“Saya berharap kesehatan yang baik untuk semua orang di seluruh dunia yang tengah memerangi penyakit virus jahat ini,” kata Kim.

“Kami akan terus memperkuat militer kami untuk pertahanan diri dan pencegahan,” kata Kim Jong Un dalam pidato yang disiarkan televisi pemerintah.

Tampil dalam balutan setelan jas warna abu-abu, Kim juga menyebut merasa bersyukur tidak ada warganya yang terinfeksi virus corona.

Tak ada orang yang memakai masker saat Pawai berlangsung. Namun, parade itu disebutkan melibatkan lebih sedikit orang dari biasanya.

Korut tak mengizinkan media asing atau pihak asing untuk hadir dalam pawai. Analisis acara ini pun hanya mengandalkan rekaman yang dirilis media pemerintah. [*/try]


Baca berita terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler

Add New Playlist