Kisah Kevin, Anak Genius Usia 6 Tahun dari Kota Padang Menguasai Bahasa Inggris, Rusia dan Arab

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Usia Kevin Ramadhan Malik baru 6 tahun. Namun, ia telah bisa menguasai sejumlah bahasa asing, termasuk bahasa Indonesia tentunya.

Kevin yang kini sekolah di Taman Kanak-kanak (TK) Barunawati Rawang, Padang Selatan, Kota Padang, fasih berbahasa Inggris, dan menguasai dengan baik bahasa Rusia, Arab dan bahasa asing lainnya.

Kemampuan Kevin menguasai banyak bahasa ini membawanya bertemu dengan Wakil Gubernur Sumatra Barat (Wagub Sumbar) Audy Joinaldy yang menyandang 7 gelar akademik dan memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Dunia-Indonesia).

Kontan saja, ketika bertemu dan bicara dengan Kevin, Wagub Audy pun takjub. Betapa tidak, Audy dan Kevin berdialog seperti orang yang sudah lama menggunakan bahasa Inggris yang begitu fasih.

Saking fasihnya Kevin berbahasa Inggris, membuat Wagub Audy menyebut Kevin lahirnya di London Inggris, bukan di Indonesia.

“Sepertinya Kevin Lahir di London nih,” ujar Wagub Audy yang disambut tawa sejumlah orang yang hadir di ruangan Wagub.

Kevin bertemu Wagub Audy ditemani kedua orang tuanya, Roni Irawan dan Cristien Natalia Gunawan, serta Kepala TK Barunawati, Helena.

Menurut Roni, bakat anaknya mempelajari bahasa asing dimulai sejak usia dua tahun. Ketertarikan Kevin terhadap angka-angka dan huruf, membuatnya pada usia yang masih kecil sudah bisa membaca dan berbicara dalam bahasa Inggris.

“Kami sebagai orang tua hanya mengajarkannya berbicara bahasa Indonesia, sebagaimana orang-orang tua lain mengajarkan anak mereka bicara. Akan tetapi, anak kami sangat aktif dan sibuk menyusun dan memainkan mainan huruf fan angka-angka,” terang Roni.

Karena Kevin yang selalu aktif, Roni sebagai orang tua waktu itu sempat khawatir dan mengira anaknya autis. Namun, setelah melalui berbagai terapi dan konsultasi, disimpulkanlah Kevin termasuk dalam kategori gifted child atau yang lebih dikenal dengan anak berbakat luar biasa atau anak genius.

Hal senada juga dibenarkan oleh Helena, guru TK Barunawati, tempat Kevin sekolah saat ini.

Ia mengatakan Kevin terbilang anak yang istimewa, dikarenakan tingkat kemampuannya di atas rata-rata teman seusianya. Saat ini, kata Helena, yang juga sebagai kepala TK, Kevin memang sangat fasih mengucapkan dan menuliskan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

“Kevin Sudah pandai membaca dan menuliskan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan lancar. Bahkan, karena lancarnya berbahasa Inggris, kami juga termotivasi untuk juga mempelajarinya dengan baik,” ujar Helena.

Helena menambahkan, saat ini sekolah lebih memfokuskan Kevin dalam belajar berinteraksi dan berkomunikasi dengan lingkungan sekolah dan teman-temanya.

Tentunya tidak hanya cerdas dalam penguasaan bahasa Indonesia dan Inggris, Kevin saat ini secara otodidak menggunakan smartphone juga mempelajari dan menguasai bahasa lain seperti Rusia, Arab dan bahasa lainnya.

“Kevin sangat senang mempelajari bahasa-bahasa baru dan menuliskannya langsung. Dia juga punya ketertarikan dengan alat musik dan mengedit video menggunakan ponsel,” ulas Cristien.

Wagub Audy menjelaskan, bahwa anak yang memiliki kemampuan seperti Kevin sangat sulit dijumpai dan jumlahnya sangat sedikit.

Baca juga: Punya Tujuh Gelar Akademik, Wagub Sumbar Audy Joinaldy Dapat Rekor MURI

“Saya jadikan Kevin sebagai anak angkat saya dan beasiswa untuknya. Insya Allah bakat besar yang dimiliki Kevin bisa kita jaga dan kembangkan,” tegas Wagub Audy yang disambut ucapan syukur oleh orang tua dan guru TK Kevin.  [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist