Kisah Cinta Audy Joinaldy – Fitria Amalia Umar: Jatuh Cinta pada Pandangan Pertama di Rumah Chrisye

Padang, Padangkita.com – Selalu ada wanita hebat di balik pria yang sukses. Demikian pula halnya yang berlaku dalam kehidupan seorang Audy Joinaldy, Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), yang sebelumnya adalah pengusaha sukses.

Tak hanya itu, Audy Joinaldy juga sukses dalam pendidikannya. Ia adalah pemegang rekor MURI sebagai kepala daerah/wakil kepala daerah penyandang gelar akademik terbanyak di Indonesia. Ada tujuh gelar akademik yang mengikuti namanya, dan salah satunya adalah doktor.

Lalu siapa wanita hebat di balik suksesnya Audy Joinaldy? Ia tak lain adalah sang istri tercinta, Fitria Amalia Umar.

Banyak hal-hal krusial dalam hidup Audy Joinaldy ikut ditentukan oleh kontribusi dan dukungan sang istri.

Misalnya, saat dipinang oleh politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mahyeldi Ansharullah ketika maju dalam Pemilihan Gubernur Sumbar 2020, adalah dukungan sang istri yang membuat Audy memantapkan hati.

“Kita jalanin aja,” begitu jawab sang istri, seperti ditirukan kembali oleh Audy, ketika minta pendapat soal maju sebagai Wakil Gubernur, dalam perbincangan dengan Padangkita.com di sela-sela kesibukannya di Kantor Gubernur Sumbar, Kamis (12/5/2022).

Audy Joinaldy – Fitria Amalia Umar. [Sumber: Instagram Audy Joinaldy]

Siapa sangka, dukungan sang istri tersebut berbuah manis, mengantarkannya menjadi Wakil Gubernur Sumbar, mendampingi Mahyeldi untuk masa jabatan periode 2021-2024.

Istri Audy yang berdarah Arab merupakan seorang dokter alumni Universitas Indonesia (UI). Ia tercatat sebagai dokter spesialis kulit dan kelamin di beberapa rumah sakit di Jakarta.

“Istri saya turunan Arab, tinggal di Jakarta. Kalau neneknya dari Yaman Selatan. Nenek-kakeknya mukanya Arab banget. Tapi istri saya mukanya nggak terlalu Arab. Mertua saya Arab semua,” sebutnya.

Jatuh Cinta di Rumah Crisye

Namun, bagaimana kisah pasangan ini bisa bertemu dan menjalin kasih?

Sebagai informasi, meski kedua orang tuanya adalah orang Minang, tetapi Audy lahir dan besar di Jakarta. SD sampai SMA di Al-Azhar, Kebayoran Baru. Lalu, lanjut kuliah di Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor (2001-2005).

Kepada Padangkita.com, Audy bercerita, bahwa dia bertemu istrinya itu secara tidak sengaja di rumah seorang penyanyi legendaris Indonesia, Chrisye.

“Saya nggak sengaja bertemu istri saya di rumah salah satu legenda musik Indonesia, almarhum Om Chrisye. Saya sebenarnya mengantar sepupu perempuan saya bernama Mia ke rumahnya Om Chrisye,” ujarnya.

Diketahui, sepupunya itu bersahabat dengan salah seorang anak Chrisye bernama Annisa. Waktu itu, kata Audy, tahun 2002.

“Saya ketemu sepupu saya di sebuah mal di Jakarta. Terus dia tanya, mau kemana? Saya bilang, saya mau pulang. (Sepupu saya bilang) Boleh nggak Mia nebeng, anterin dulu ke rumah Annisa, Anaknya almarhum Chrisye. Terus, ya, boleh, tapi jangan lama-lama ya. (Lalu) Saya anterin,” ungkapnya.

Di rumah Chrisye, Audy diajak masuk dalam rumah. Namun, dia awalnya menolak, dan memilih menunggu di luar, yakni di dalam mobil. Namun, waktu itu, ternyata hari hujan.

Audy lalu dihampiri oleh asisten rumah tangga Chrisye.

“Asisten rumah tangganya keluar, ketok mobil saya, disuruh nunggu di dalam saja. Sebenarnya waktu itu saya kesal sama sepupu saya, si Mia, katanya nggak mau lama-lama. Karena saya mau pergi,” kenang Audy.

Ya, sudahlah. Karena hujan, Audy pun akhirnya masuk ke dalam rumah Chrisye.

“Ternyata di dalam rumah itu banyak cewek-cewek, teman-temannya, seingat saya ada lima-enam orang,” sebutnya.

Meski mereka seumuran, Audy merasa canggung karena hanya ada seorang laki-laki yaitu dirinya. Meski begitu, dia tetap duduk bersama perempuan-perempuan itu. Di sebelahnya, ada seorang perempuan yang saat ini menjadi istrinya, yang juga sahabat Annisa, anak Chrisye.

Audy mengaku langsung jatuh cinta pada pandangan pertama.

“Terus istri saya duduk di sebelah saya. Saya perhatiin, nih cewek lucu juga ya, nih cewek cantik juga ya. Istri saya ini kan orangnya aktif, suka ngoceh, suka ngomong,” cerita Audy sambil tertawa.

Selesai pertemuan tersebut, Audy bersama sepupunya akhirnya pulang. Di perjalanan pulang, di dalam mobil, Audy bertanya kepada sepupunya itu siapa nama perempuan yang duduk di sebelahnya tadi. Sepupunya bilang namanya Amel—panggilan akrab Fitria Amalia Umar.

“Udah minta nomor teleponnya,” kata Audy spontan kepada sepupunya itu.

Namun, sepupunya itu langsung menolak mentah-mentah permintaan Audy.

“Oh, nggak. Audy mah suka begitu, dikenalin sama teman Mia, pergi-pergi, terus ditinggalin,” kata sepupunya itu seperti ditiru kembali oleh Audy.

Namun, Audy tidak menyerah. Dia terus meminta nomor perempuan itu. Dia berjanji kepada sepupunya tidak akan mengecewakannya.

“Beneran deh, cantik orangnya. Ya memang cantik, keluarganya cantik-cantik semua. Akhirnya saya bujuk-bujuk, dikasih juga,” kata Audy.

Mia meminta Audy untuk berjanji agar jangan main-main, karena Mia bisa jadi malu pada temannya. Didekatin, terus ditinggalin.

Akhirnya, usaha Audy berhasil. Dia mendapatkan nomor Amel. Dia lalu mulai melakukan pendekatan.

“Saat itu saya mulai SMS, terus telepon, terus ketemu. Jadi saya sudah lama juga kenal dengan istri saya. Ketemuan, terus pacaran,” ungkapnya.

Audy Joinaldy – Fitria Amalia Umar dan anak-anak mereka. [Sumber: Instagram Audy Joinaldy]

Selesai kuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB), Audy lalu lanjut S2 di Wageningen University, Belanda (2005-2007).

Saat kuliah di Belanda itu, Audy tetap menjalin hubungan jarak jauh alias ‘LDR’ dengan Amel. Selesai Audy S2 dan dapat kerja, Amel juga tamat di Kedokteran Universitas Indonesia. Singkat cerita mereka memutuskan untuk menikah tahun 2007.

“Saya lulus dari Belanda, dapat kerja. Dia lulus di Kedokteran UI, mulai praktek di Jakarta. Terus kami nikah 2007,” terangnya.

Baca juga: Punya Tujuh Gelar Akademik, Wagub Sumbar Audy Joinaldy Dapat Rekor MURI

Nah, dari buah cinta mereka, kini pasangan yang masih tergolong muda ini telah memiliki tiga orang anak yang kesemuanya bersekolah di Al-Azhar. Mereka yakni Jannaisya Aufilia Joinaldy, Zafransya Aulia Joinaldy, dan Zadrinsya Aufal Joinaldy. [fru/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist