Khawatir HP Disadap, Kamu Bisa Lakukan Cara Ini

Penulis: Julia Fitri

Semakin canggih teknologi, semakin marak pula kejahatan di bidang itu. HP atau gawai yang sering dipakai sehari-hari pun rentan untuk disadap.

Padangkita.com – Tindak kriminalitas dalam bidang teknologi kini kian marak terjadi. Salah satu contoh tindakannya yaitu penyadapan.

Baca juga: Waspadai Pembajakan WhatsApp, Berikut 5 Tipsnya

Baca Juga

Saat gawai kita disadap oleh orang lain, semua percakapan kita dapat mereka ketahui, bahkan mereka bisa mencuri data-data penting kita. Untuk itu, kita perlu mengetahui bagaimana ciri-ciri gawai yang sudah disadap itu.

Meski terkesan ringan, tindakan penyadapan yang dilakukan orang lain itu termasuk tindakan kriminal jika dilakukan tanpa prosedur oleh orang yang tak berwenang.

Bahkan, kita perlu cara mengetahui HP disadap polisi atau tidak demi kenyamanan. Jadi, kenali ciri-ciri HP disadap supaya data penting kita tidak dicuri.

  1. Berikut ciri-ciri ketika Gawai kita disadap.
  2. Suhu gawai jadi terasa hangat meski tidak terpapar benda panas dan jarang dipakai kerja terlalu keras.
  3. Gawai menunjukkan aktivitas atau suara-suara aneh sementara kamu sedang nggak menggunakannya.
  4. Percakapan lewat pesan singkat sudah terbaca statusnya padahal belum kamu baca.
  5. Terdapat suara-suara yang mengganggu saat gawai dipakai untuk teleponan.
  6. Penggunaan data meningkat secara nggak wajar, kuota internet jadi cepat habis.
  7. Gawai kesulitan untuk dimatikan, proses shutdown berlangsung lebih lama dari biasanya.
  8. Kamu menerima pesan teks aneh yang berisi nomor, simbol, atau karakter acak.

Baca juga: Sikat Gigi Hingga Scooter, Ini 6 Produk Xiaomi Selain HP yang Gak Banyak Diketahui Orang

Setelah mengetahui ciri-ciri gawai yang sedang disadap, berikut tiga metode atau cara untuk mengetahui apakah gawai kita sedang disadap atau tidak dilansir dari berbagai sumber.

Menggunakan Kode Rahasia

Selain dua cara di atas, kamu juga bisa mengetahui apakah gawaimu disadap atau tidak menggunakan kode rahasia. Setidaknya ada dua kode rahasia yang bisa kamu gunakan, yaitu kode *#21# dan kode ##002#.

Kode Ngecek Penyadap: *#21#

Kode rahasia ini bisa kamu gunakan untuk mengecek apakah ada pengalihan panggilan aktif atau tidak di gawaimu. Jika tidak merasa mengaktifkan pengalihan panggilan tapi layanan ini aktif, bisa dipastikan ada pihak yang sedang menyadapmu. Untuk mengetahuinya dengan pasti, kamu tinggal mengetik *#21# di gawaimu lalu tekan tombol Call. Setelh itu akan muncul keterangan keterangan apakah layanan pengalihan panggilan di gawaimu aktif atau tidak.

Kode Menghentikan Penyadap: ##002#

Tidak hanya melalui pengecekan ada tidaknya pengalihan panggilan, kamu juga bisa membatalkan pengalihan panggilan di gawaimu jika memang merasa ada yang menyadap gawaimu. Dengan itu, si penyadap tidak akan bisa lagi mengetahui panggilan yang masuk ke gawai milikmu.

Kamu tinggal tekan ##002# lalu tekan tombol Call dan kemudian tunggu hingga proses MMI berjalan hingga selesai.

Dengan cara itu, kamu tidak perlu lagi minta tolong operator atau pihak tertentu untuk mengetahui apakah gawaimu disadap atau tidak. Kamu bisa melakukannya sendiri dengan melakukan langkah-langkah tersebut.

Terpopuler

Add New Playlist