Alamat IP: Apa Itu dan Bagaimana Menemukan Alamat IP Anda?

Bagaimana Cara Mengecek Kecepatan Wi-Fi Di Ponsel dan PC Anda?

Ilustrasi. [Foto: Istimewa]

Padangkita.com - Anda mungkin pernah mendengar istilah alamat IP saat berselancar di dunia internet. Ini singkatan dari Internet Protocol yang merupakan alamat unik yang mengidentifikasikan sebuah perangkat pada internet atau jaringan lokal. 

Pada dasarnya, alamat IP adalah pengidentifikasi yang mengizinkan informasi dikirimkan antar perangkat pada sebuah jaringan, yang berisikan informasi lokasi dan membuat perangkat dapat diakses untuk komunikasi. Dengan kata lain, internet memerlukan sebuah cara untuk membedakan antar komputer yang berbeda, router, dan situs web. Alamat IP memberikan cara untuk melakukan hal demikian dan membentuk bagian penting tentang bagaimana cara kerja internet.

Dan ternyata mengecek alamat IP Anda saat ini bisa dilakukan dengan menggunakan layanan online. Ada beberapa situs web yang menawarkan layanan pengecekan alamat IP Anda secara cepat, mudah, dan gratis. Salah satunya adalah dengan mengecek alamat IP Anda pada situs web ini

Apa Itu Alamat IP?

Alamat IP adalah serangkaian angka yang dipisahkan oleh titik. Alamat IP ditampilkan sebagai rangkaian empat angka – sebagai contoh 192.158.1.38. Setiap angka pada rangkaian ini bisa tersusun dari 0 hingga 255. Jadi, jangkauan alamat IP lengkap mulai dari 0.0.0.0 hingga 255.255.255.255.

Dan perlu Anda ketahui bahwa alamat IP itu tidaklah acak. Mereka secara matematis diproduksi dan dialokasikan oleh IANA (Internet Assigned Numbers Authority), sebuah divisi dari Internet Corporation for Assigned Names and Numbers yang merupakan organisasi nirlaba yang didirikan di AS pada tahun 1998 untuk membantu memelihara keamanan internet dan menjadikannya dapat digunakan oleh semua. 

Bagaimana Cara Menemukan Alamat IP Anda?

Sementara perangkat Anda biasanya secara otomatis menemukan alamat IP yang diperlukan saat menyeting sebuah server atau menghubungkan ke perangkat eksternal, namun alangkah baiknya Anda juga tahu bagaimana cara menemukannya. 

Berikut ini cara menemukan alamat IP Anda berdasarkan sistem operasi perangkat yang Anda gunakan:

1. Menemukan alamat IP Anda  pada sistem macOS

Anda dapat menemukan alamat IP Anda pada perangkat Mac hanya dengan mengklik logo Apple pada sudut kiri atas yang terdapat pada bilah menu di atas layar Anda dan memilih System Preferences > Network. 

Lalu silahkan pilih koneksi Anda dari panel di sisi kiri dari menu, dan Anda akan melihat alamat IP Anda secara langsung di bawah bagian Status.

2. Menemukan alamat IP Anda pada sistem Windows

Jika Anda memiliki perangkat dengan sistem operasi Windows, maka cara menemukan alamat IP Anda tentu akan sangat mudah. Anda hanya perlu membuka menu Start dan lalu tekan ikon Settings. Silakan klik Network & Internet, dan lalu tekan opsi Properties yang berada di bawah koneksi Anda yang sekarang. 

Lalu silahkan geser sedikit ke bawah, maka Anda akan melihat alamat IP Anda tercantum tepat di sebelah “IPv4 address” atau “IPv6 address.”

3. Menemukan alamat IP Anda pada iPhone

Anda dapat menemukan alamat IP Anda pada iPhone Anda hanya dengan mengetuk app Settings dan lalu pilih Wi-Fi. Lalu ketuk ikon “i” yang berada tepat di sebelah nama jaringan Wi-Fi Anda, maka Anda akan melihat alamat IP Anda tercantum di bawahnya.

4. Menemukan alamat IP Anda pada perangkat Android

Adapun pada perangkat Android, baik ponsel maupun tablet, silahkan ketuk Settings, dan lalu navigasikan ke Connections (untuk perangkat merek Samsung) atau Network & Internet (untuk ponsel Google Pixel).

Dari sinilah, silakan ketuk Wi-Fi atau Internet, dan lalu pilih ikon cog yang berada tepat di sebelah nama jaringan Wi-Fi yang Anda gunakan. Silakan pilih View More dan geser ke bawah untuk menemukan alamat IP Anda.

Baca Juga

Bagaimana Cara Mengecek Kecepatan Wi-Fi Di Ponsel dan PC Anda?
Bagaimana Cara Mengecek Kecepatan Wi-Fi di Ponsel dan PC Anda?
5 App untuk Mentransfer File Antar Ponsel Android
5 App untuk Mentransfer File Antar Ponsel Android
Akankah Web3 Mengubah Bisnis Internet?
Akankah Web3 Mengubah Bisnis Internet?
Apa itu ISP? Penjelasan Internet Service Provider (Penyedia Layanan Internet)
Apa itu ISP? Penjelasan Internet Service Provider (Penyedia Layanan Internet)
Andre Rosiade Usul Rapat Gabungan Bahas Starlink, Jangan Sampai Elon Musk Untung Negara Rugi
Andre Rosiade Usul Rapat Gabungan Bahas Starlink, Jangan Sampai Elon Musk Untung Negara Rugi
XL Axiata dan CATCHPLAY+ Jalin Kerja Sama Hadirkan Konten Premium Tanpa Hambatan
XL Axiata dan CATCHPLAY+ Jalin Kerja Sama Hadirkan Konten Premium Tanpa Hambatan