Apa itu ISP? Penjelasan Internet Service Provider (Penyedia Layanan Internet)

Apa itu ISP? Penjelasan Internet Service Provider (Penyedia Layanan Internet)

Ilustrasi. [Foto: Istimewa]

Padangkita.com - Jaringan internet yang cepat merupakan dambaan semua orang. Ya, dengan jaringan Wi-Fi super cepat, Anda bisa melakukan aktivitas online, mulai dari menonton acara film dan TV streaming, bermain gim, mengunduh dan mengunggah file, dan banyak lagi.  

Namun sebaliknya, jaringan Wi-Fi yang lambat tentu akan membuat Anda jengkel. Apalagi Anda sedang berfokus mengerjakan tugas kantor di rumah Anda yang harus diselesaikan saat itu juga. Kini waktunya Anda menyelesaikan masalah lambatnya internet Anda, dengan langkah awal yaitu melihat dan mengecek kecepatan Wi-Fi Anda.

Cara Mengecek Kecepatan Wi-Fi di Ponsel dan PC

Sebenarnya, tidak sulit mengecek kecepatan jaringan internet Wi-Fi pada ponsel dan PC Anda. Sebab saat ini terdapat cukup banyak situs web yang menyediakan pengetesan kecepatan internet secara gratis dan cepat. Anda hanya perlu terhubung ke jaringan internet, dan silahkan lakukan pencarian untuk mengetahui layanan pengecekan kecepatan internet yang paling disarankan oleh para pengguna. Lalu ikuti saja instruksi singkat tentang bagaimana cara menggunakan layanan tersebut secara mudah dan simpel.

Misalnya saja Anda bisa mengecek kecepatan koneksi internet di Speed. Dan biasanya pengecekan ini hanya berlangsung selama kurang dari 60 detik saja, yang memberikan informasi terkait kecepatan mengunduh dan mengunggah. 

Atau Anda bisa juga berkunjung ke website yang menawarkan layanan CBN Speedtest sebagai salah satu opsi terbaik untuk mengecek kecepatan internet Anda. Layanan ini dapat Anda gunakan kapan pun Anda perlukan, tidak hanya untuk ponsel pintar Anda, tapi juga PC Anda. 

Apa itu Kecepatan Internet yang Bagus?

Sebuah kecepatan internet yang bagus tentu akan tergantung kepada sejumlah faktor, seperti penggunaan internet harian Anda, berapa banyak orang yang menggunakan jaringan internet tersebut di rumah, dan untuk apa penggunaan internet mereka. Misalnya apakah untuk bekerja dari rumah, menonton Netflix atau bermain gim online. 

Dan seperti yang mungkin sudah Anda ketahui bahwa penggunaan Wi-Fi tentu akan berbeda antara satu orang dengan yang lainnya, antara satu rumah dengan yang lainnya, begitu juga dengan kecepatan Wi-Fi yang akan Anda butuhkan. Tentu saja kecepatan internet yang dihasilkan akan tergantung pada jumlah orang dan perangkat pada jaringan tersebut. 

Di Indonesia sendiri untuk layanan standar, maka kecepatan internet yang direkomendasikan berkisar dari 3 hingga 8 Mbps. Untuk layanan menengah, direkomendasikan untuk tiga hingga empat perangkat/pengguna, maka kecepatan Wi-Fi yang diperlukan mulai dari 12 hingga 25 Mbps. Sementara untuk rumah tangga dengan lebih dari empat pengguna/perangkat, maka 25 Mbps ke atas adalah kecepatan internet yang disarankan.

Adapun untuk standar minimal jika Anda ingin melakukan pengunduhan adalah 25 Mbps dan 3 Mbps untuk mengunggah. Namun disarankan untuk kecepatan unduhan yang baik adalah sedikitnya 100 Mbps, dan kecepatan internet untuk unggahan adalah sedikitnya 10 Mbps.  

Evaluasi Hasil Pengecekan Kecepatan Wi-Fi Anda

Tentu saja hasil yang dimunculkan oleh sebuah situs web layanan tes kecepatan internet akan sia-sia jika Anda tidak menindaklanjuti hasil tersebut. Silakan tinjau kecepatan unduhan Anda untuk melihat seberapa cepat file akan diunduh, kemampuan video streaming Anda, dan seberapa banyak perangkat yang bisa didukung oleh jaringan Wi-Fi Anda. 

Biasanya, kecepatan DSL akan lebih lambat. Dengan internet kabel, bisa saja kecepatan internet Anda akan melambat dikarenakan banyaknya penggunaan internet kabel oleh para tetangga di lingkungan rumah Anda.    

Jika latensi lebih rendah dari 20 milidetik, maka kecepatan Wi-Fi Anda sudah dianggap bagus. Namun, jika latensi berada di atas 150 milidetik, maka ini bisa menjadi masalah yang cukup serius.

Baca Juga

Bagaimana Cara Mengecek Kecepatan Wi-Fi Di Ponsel dan PC Anda?
Bagaimana Cara Mengecek Kecepatan Wi-Fi di Ponsel dan PC Anda?
Bagaimana Cara Mengecek Kecepatan Wi-Fi Di Ponsel dan PC Anda?
Alamat IP: Apa Itu dan Bagaimana Menemukan Alamat IP Anda?
Akankah Web3 Mengubah Bisnis Internet?
Akankah Web3 Mengubah Bisnis Internet?
Andre Rosiade Usul Rapat Gabungan Bahas Starlink, Jangan Sampai Elon Musk Untung Negara Rugi
Andre Rosiade Usul Rapat Gabungan Bahas Starlink, Jangan Sampai Elon Musk Untung Negara Rugi
Beratnya Dampak Pandemi, Kebutuhan Internet Rakyat Indonesia Tetap Harus Terpenuhi
Beratnya Dampak Pandemi, Kebutuhan Internet Rakyat Indonesia Tetap Harus Terpenuhi
Bahasa Internet
Bahasa Baik, Menunjukkan Watak Si Penutur