Keunggulan dan Keunikan Jalan Tol Bali-Mandara, Salah Satunya Masuk Tol Atas Air Terpanjang di Dunia

Penulis: Redaksi

Bali, Padangkita.com – Jalan Tol Bali-Mandara akan menjadi infrastruktur pendukung acara Presidensi G20 2022. Para peserta anggota G20 akan melalui jalan tol yang akan diprindah melalui program beatufikasi ini.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkap, Jalan Tol Bali-Mandara memiliki panjang 12,7 km. Jalan tol ini yang dibangun di Pulau Bali ini telah diresmikan dan beroperasi sejak tahun 2013 lalu.

Arti nama Mandara sendiri berasal dari singkatan “Maju, Aman, Damai dan Sejahtera” dan mengusung konsep green,strong, dan beauty toll road.

Jalan tol ini dibangun untuk mengurangi kepadatan lalu lintas yang selama ini terpusat di Bali Selatan yang menghubungkan segitiga emas antara Ngurah Rai, Benoa, dan Nusa Dua.

Jalan tol ini sekaligus menjadi pelengkap akses jaringan jalan di Pulau Bali sehingga mempermudah akses ke pelabuhan maupun kawasan wisata lainnya

Jalan tol atas laut pertama di Indonesia ini di desain dengan menjaga estetika, keindahan arsitektur, dan tetap mengusung budaya khas Bali menghubungkan wilayah Ngurah Rai, Benoa, dan Nusa Dua.

Hebatnya lagi, Jalan Tol Bali-Mandara termasuk lima jalan tol atas air terpanjang di dunia. Mengutip data BPJT, berikut 5 jalan tol atas air terpanjang di dunia:

  1. Jiaozhou Bay di China dengan panjang 42 km
  2.  Lake Pontchartrain Causeway, Amerika Serikat dengan panjang 38,4 km
  3. Chesapeake Bay, Amerika Serikat dengan panjang 24,01 km
  4. Jalan Tol Penang – Malaysia dengan panjang 24 km
  5. Jalan Tol Bali Mandara, Indonesia dengan panjang 12,7 Km

Bukan hanya itu, uniknya pada Jalan Tol Bali Mandara sendiri manjadi satu-satunya jalan tol di Indonesia yang memiliki jalur sepeda motor. Jalan Tol Bali-Mandara yang dikelola oleh PT Jasa Marga Bali Tol, Tbk melintasi Kota Denpasar dan Kabupaten Badung dan merupakan jalan tol pertama di Pulau Bali.

Dalam mendukung kelancaran dan keamanan berkendara, telah dipasang alat pengukur kecepatan angin di setiap gerbang tol (Nusa Dua, Ngurah Rai, dan Benoa). Jika kecepatan angin mencapai 40 km atau lebih, jalan tol ditutup sementara guna menghindari resiko kecelakaan.

Jalan tol yang memiliki panorama pemandangan laut yang sangat indah ini juga dilengkapi CCTV pemantau 24 jam dalam memantau pergerakan kendaraan jika sewaktu-waktu ada kendaraan yang mogok serta dilengkapi dengan layanan derek gratis.

Di sekitar lokasi jalan tol ini telah ditanam 16.000 batang pohon mangrove sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup sekaligus mendukung program penghijauan.

Baca juga: Jalan Tol Atas Air Terpanjang di Dunia Ini Dipercantik Demi G20 di Indonesia

Kini, Jalan Tol Bali-Mandara kembali mendapat sentuhan program beautifikasi dan penataan lanskap. Infrastruktur ini diharapkan bisa mencuri perhatian para pemimpin negara G20, sehingga mampu mengangkat citra Indonesia di mata dunia. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist