Jumlah yang Wisuda Tahfiz Quran di Pondok Pesantren Kauman Meningkat, 15 Santri Capai 30 Juz

Penulis: Redaksi

Padang Panjang, Padangkita.com – Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang kembali mengadakan haflah ke-11 tahfiz Qur’an, pada Sabtu (26/3/2022).

Bertempat di halaman Kauman Padang Panjang, kegiatan yang dihadiri langsung oleh Wakil Wali Kota Padang Panjang ini mengangkat tema ‘Menyemai Benih-benih Kecintaan pada Al Qur’an, Panduan Untuk Hidup Berkemajuan’.

Mudir Pondok Pesantren Kauman, Dr. Derliana dalam sambutannya mengatakan kali ini ada peningkatan peserta wisuda tahfiz yang berjumlah 121 santri. Mereka terdiri dari santri MTs (Madrasah Tsanawiyah) dan MA (Madrasah Aliyah).

“Wisuda tahfiz kali ini mengalami peningkatan secara kualitas dan kuantitas. Ada sekitar 15 santri yang berhasil mencapai 30 juz hafalan. Jumlah ini lebih tinggi dari tahun sebelumnya yang hanya 8 santri 30 juz. Ke depannnya kami akan terus bersinergi dan berinovasi terus agar tujuan Pondok melahirkan hafiz dan hafizah terealisasikan dengan baik,” ungkap Derliana.

Kepada wali santri yang hadir, ia berharap agar selalu memberikan dukungan kepada santri, agar lebih semangat dalam mempelajari Al-Qur’an meskipun sudah menyelesaikan pendidikannya di Pondok Pesantren.

“Ini adalah pencapaian luar biasa bagi kita semuanya. Tapi pencapaian luar biasa ini tidak ada artinya jika nantinya santri kita tidak didampingi dan didorong motivasinya oleh keluarga dalam menjaga hafalannya. Untuk itu kami berharap ayah bunda selalu mengupayakan bagaimana hafalan anak kita tetap terjaga dengan baik,” harapnya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Padang Panjang Asrul dalam sambutannya mengucapkan selamat dan apresiasi kepada anak-anak yang hari ini melaksanakan khatam tahfiz.

“Atas nama Pemerintahan Kota kami memberikan apresiasi kepada umi dan ustaz Pondok Pesantren Kauman Padang Panjang yang telah mengajarkan kepada santri, melanjutkan tradisi Rasulullah SAW dalam melahirkan generasi penghafal Al-Qur’an,” katanya.

Ia juga memaparkan bahwa pemerintah senantiasa mendorong terlaksananya program-program keagamaan, karena hal ini sejalan dengan visi pemerintahan untuk menjadikan Kota Padang Panjang sebagai kota yang bermarwah dan bermartabat.

Di kesempatan itu juga disampaikan bahwa Pemko Padang Panjang telah menyetujui untuk menyalurkan bantuan dana kepada Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah sebanyak Rp300juta.

“Insya Allah akan kami salurkan sebelum Ramadan ini. Alhamdulillah telah disetujui bantuan untuk Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah sebanyak Rp300 juta,” terangnya.

Baca juga: Dubes Arab Saudi Bantu ICBS Harau USD10 Ribu dan Beasiswa untuk Hafiz Quran 30 Juz

Kegiatan yang menerapkan protokol kesehatan ketat ini juga dihadiri oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatra Barat, Kemenag Kota Padang Panjang, Kejaksaan Negeri kota Padang Panjang, perwakilan Secata B, serta dari pihak Polres Kota Padang Panjang. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist