Ada Kampung Pancasila di Kota Padang, Warganya dari Beragam Suku Bangsa

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Kota Padang kini memiliki Kampung Pancasila. Kampung ini persisnya berlokasi di Kelurahan Limau Manis Selatan, Kecamatan Pauh.

Keberadaan Kampung Pancasila ini diresmikan langsung oleh Dandim 0312 Padang, Letkol Inf Jadi, Jumat (25/3/2022).

“Kita berharap keberadaan Kampung Pancasila ini bukan sekedar monumental saja, tapi bisa dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Dandim dalam sambutannya.

Dandim menuturkan, dalam kehidupan sehari-hari tentu selalu ada perbedaan, karena masyarakatnya heterogen. Masyarakat yang ada di Kampung Pancasila ini pun diharapkan bisa menerapkan fungsi Pancasila itu sendiri.

“Kelebihan yang satu bisa menutupi kekurangan yang lain. Kekurangan yang lain jangan jadikan untuk menjatuhkan mereka, sehingga kita saling satu padu sama-sama membangun,” jelasnya.

Sementara, Danramil 05 Pauh/Kuranji, Kapten Inf Setianis dan Babinsa Limau Manis Selatan, Serda Rizaldi mengatakan, pencanangan Kampung Pancasila tersebut bertujuan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan kepada masyarakat dengan melakukan penyuluhan.

“Kami akan melaksanakan sosialisasi wawasan kebangsaan dari empat pilar yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. Kemudian penyuluhan terkait penyakit masyarakat, serta masyarakat produktif dan inovatif,” jelasnya.

Lurah Limau Manis Selatan, Noverman mengatakan, Kelurahan Limau Manis Selatan punya keunikan dan ciri khas tersendiri, karena warganya terdiri dari banyak suku bangsa mulai dari Minang, Batak, Nias, Jawa, dan lainnya.

Baca Juga: Bakal Dihadiri Ustaz Abdul Somad, Pesantren Ramadan di Padang Di-launching Senin

“Kami berharap warga bisa terus melaksanakan tujuan Pancasila, sehingga tujuan Kampung Pancasila bisa terwujud dan terlaksana dengan baik,” ungkapnya. [*/fru]

Terpopuler

Add New Playlist