Kaya Protein, Ini 10 Manfaat Gelatin untuk Kesehatan

Penulis: Mentari Tryana

Padangkita.com – Gelatin terbuat dari kolagen yang didapat dari kulit, tulang, dan jaringan ikat hewan. Untuk menjadikannya gelatin, kolagen harus dimasak kemudian diekstrak dan dibentuk menjadi bubuk.

Gelatin yang diekstraksi selama proses ini tidak berasa dan tidak berwarna. Gelatin akan larut dalam air panas dan akan menghasilkan tekstur seperti jeli ketika dingin.

Baca Juga

Gelatin sangat tinggi asam amino yang baik untuk kesehatan. Bahan ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan, minuman, termasuk perawatan tubuh.

Kolagen dalam gelatin dipercaya dapat memberikan kekuatan dan struktur jaringan tubuh. Gelatin bisa membantu mendukung kekuatan tulang, sendi, dan kulit.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat gelatin untuk kesehatan tubuh. Berikut 10 manfaat gelatin untuk tubuh:

Menurukan Berat Badan

Gelatin adalah sumber protein yang tidak mengandung lemak. Konsumsi gelatin bisa membantu memenuhi kebutuhan protein harian yang sehat. Protein membantu orang merasa kenyang dan mencegah makan berlebihan.

Gelatin bebas lemak dan karbohidrat tergantung cara mengolahnya. Ini membuatnya sangat rendah kalori. Untuk bisa mendapatkan manfaat ini, pastikan untuk memilih sumber gelatin yang sehat dan rendah gula.

Baca juga: Inilah Manfaat Menyimpan Air dalam Kendi

Mendukung Pertumbuhan Sel Sehat

Gelatin terdiri dari 98–99% protein. Protein sangat penting untuk, mendukung fungsi berbagai organ, dan pembentukan energi. Protein terdiri dari berbagai asam amino.

Asam amino yang banyak ditemukan dalam gelatin adalah glisin, prolin, dan valine. Komposisi asam amino yang tepat bervariasi tergantung pada jenis jaringan hewan yang digunakan dan metode pengolahannya. Meski tidak mengandung asam amino lengkap, gelatin tetap punya banyak manfaat.

Atasi Nyeri Sendi

Kolagen dikenal manfaatnya untuk kesehatan sendi. Kolagen membantu menjaga integritas tulang rawan yang merupakan jaringan seperti karet yang melindungi persendian. Kolagen dalam gelatin dapat mengurangi nyeri sendi yang terkait dengan peradangan. Kolagen dalam gelatin mencegah keausan sendi dan meningkatkan fungsi sendi. Gelatin juga banyak digunakan dalam pengobatan osteoarthritis atau pengapuran tulang.

Baca juga: Jangan Dibuang, Kulit dan Biji Buah-Buahan Ini Baik untuk Tubuh

Mengontrol Gula Darah

Asam amino glisin dalam gelatin dapat membantu mengontrol gula darah pada diabetes tipe 2. Glisin dapat membantu mencegah komplikasi, seperti kerusakan jaringan. Kemampuan gelatin yang dapat mengontrol berat badan juga bisa bermanfaat bagi kesehatan gula darah.

Namun, beberapa produk berbasis gelatin, seperti permen, memiliki kandungan gula yang tinggi. Hindari produk gelatin dengan gula untuk mendapatkan manfaatnya.

Cegah Masalah Pencernaan

Gelatin mengandung asam glutamat, suatu zat yang dapat membantu produksi lapisan mukosa yang sehat di perut. Glutamin telah terbukti meningkatkan kekuatan dinding usus dan membantu mencegah masalah usus dan pencernaan.

Gelatin dapat membantu pencernaan dengan merangsang produksi asam lambung. Gelatin juga berikatan dengan air yang dapat membantu makanan bergerak melalui sistem pencernaan.

Menjaga Kesehatan Tulang

Tulang sebagian besar terbuat dari kolagen yang memberi mereka struktur dan membantu menjaganya kuat. Ketika seseorang menua dan produksi kolagen melambat, tulang bisa menjadi lebih lemah. Konsumsi makanan yang mengandung kolagen bisa membantu mengatasinya.

Gelatin mengandung lisin yang membantu memperkuat tulang. Lisin juga membantu tubuh menyerap kalsium yang membantu menjaga tulang tetap kuat. Konsumsi gelatin bisa membantu mencegah osteoporosis, dan kondisi kelemahan tulang lainnya.

Bermanfaat untuk Kulit

Kolagen juga sangat terkenal manfaatnya untuk kulit. Kolagen adalah komponen utama kulit. Kolagen berfungsi memperkuat kulit dan meningkatkan elastisitas dan hidrasi. Kolagen memberi kulit penampilan yang sehat dan awet muda. Manusia memiliki kolagennya sendiri, namun seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan kolagen.

Mengonsumsi kolagen akan meningkatkan kelembapan wajah dan mengurangi kerutan. Gelatin dapat menjadi cara alami untuk meningkatkan kolagen dan memperbaiki penampilan kulit. Gelatin bisa digunakan dalam bentuk masker atau dikonsumsi dalam bentuk suplemen.

Menjaga Kesehatan Otak dan Mental

Gelatin sangat kaya akan glisin yang telah dikaitkan dengan fungsi otak. Glisin dapat secara signifikan meningkatkan memori dan aspek perhatian tertentu.

Glisin adalah salah satu asam amino yang telah dipelajari sebagai perawatan untuk skizofrenia. Suplemen glisin telah terbukti mengurangi beberapa gejala skizofrenia. Glisin juga telah ditemukan untuk mengurangi gejala gangguan obsesif-kompulsif (OCD) dan gangguan dysmorphic tubuh (BDD).

Meningkatkan Kualitas Tidur

Glisin dalam gelatin dapat meningkatkan kualitas tidur pada beberapa orang. Asam amino glisin, yang berlimpah dalam gelatin, telah ditunjukkan dalam beberapa penelitian untuk membantu memperbaiki tidur. Gelatin juga bisa membantu mengurangi kecemasan yang bisa mengganggu tidur.

Bermanfaat untuk Rambut

Struktur rambut terdiri dari 97% protein. Kekurangan asupan protein dapat menyebabkan rambut rontok dan rusak. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi gelatin juga dapat meningkatkan ketebalan dan pertumbuhan rambut. Konsumsi gelatin diteliti dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut. [*/try]


Baca info kesehatan terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist