Kantor Camat di Padang Barat Dibangun Berlantai 4, Juga Dilengkapi Shelter

Penulis: Zulfikar Efendi

Padang, Padangkita.com – Kantor Camat Padang Barat yang berlokasi di Jalan Veteran Nomor: 85 Purus, Kota Padang kini dibangun dengan lantai 4.

Bahkan, kantor camat yang rusak berat akibat gempa 2009 lalu itu dibangun dengan dilengkapi shelter.

Wali Kota Padang, Hendri Septa saat meninjau pembangunan kantor Camat berlantai 4 itu menyebutkan, bahwa Kecamatan Padang Barat merupakan estalasenya Kota Padang, karena berada di pusat kota, di mana objek wisata Pantai Padang berada di kawasan ini, sehingga kantor perlu dibangun representatif.

InsyaAllah, pembangunan Barat selesai pada tahun 2021 ini. Semoga bangunan ini dapat mengakomodir berbagai fungsi yang diperlukan oleh aparatur kecamatan dalam memberikan pelayanan publik yang nyaman,” ujar Hendri Septa.

Bahkan, kata Hendri Septa, kantor camat yang berdekatan dengan laut dan berada di zona merah tsunami itu dibangun harus ramah bencana.

“Kantor ini juga ramah bencana dengan disediakannya shelter di lantai empat, sebagai tempat berlindung dan penampungan sementara dari bencana tsunami, karena kita tidak dapat memprediksi kapan datangnya bencana, tapi kita dapat memitigasi risiko bencana,” ungkap Hendri Septa.

Dilanjutkan Hendri Septa, di lantai 3 kantor camat itu juga dibangun ruang serbaguna.

“Ruangan serbaguna itu dapat digunakan untuk berbagai kegiatan kemasyarakatan, termasuk pesta pernikahan,” paparnya.

Sementara itu, Camat Padang Barat, Eri Sendjaya menyebutkan, pembangunan Kantor Camat Padang Barat telah dilakukan sejak tahun 2018 dan perencanaannya telah melalui rembuk dengan tokoh masyarakat setempat.

“Kantor camat ini dibangun kembali, sebab fisik bangunan banyak yang rusak akibat gempa 2009 yang dikhawatirkan dapat membahayakan dan tidak layak ditempati,” ujarnya.

Meskipun telah direncanakan dibangun tahun 2018, ucap Eri, realisasi pembangunan baru bisa dimulai tahun 2020, karena adanya refocusing anggaran untuk penanggulangan Covid-19.

“Bangunan ini juga belum dapat digunakan secara maksimal, karena perlu penyempurnaan, seperti tersedianya lahan parkir yang memadai dan dibangunnya pagar bangunan,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Eri juga menjanjikan layanan masyarakat akan dimaksimalkan dengan adanya gedung baru itu.

Baca juga: Lurah Padang Pasir Positif Covid-19, Layanan Dialihkan ke Kantor Camat Padang Barat

InsyaAllah, hadirnya bangunan baru Kantor Camat Padang Barat yang baru nanti, kita juga akan memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat,” katanya. [*/zfk]

Terpopuler

Add New Playlist