Kakek 104 Tahun di Bogor Ikut Vaksinasi Covid-19, Wamenkes: Semoga Jadi Inspirasi

Penulis: Mentari Tryana

Jakarta, Padangkita.com – Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono menyatakan seorang kakek berusia 104 tahun bernama Wiryawan Harjamulia menjadi salah satu peserta vaksinasi Covid-19.

Dante menyebut pria tersebut merupakan warga Bogor, Jawa Barat dan menjadi salah satu penerima vaksin Covid-19 tertua di Indonesia.

“Dua hari yang lalu di salah satu rumah sakit di Bogor telah menerima kehadiran penerima vaksinasi Covid-19 tertua di Indonesia yang berusia 104 tahun bernama bapak Wiryawan Harjamulia,” kata Dante, dalam konferensi pers secara daring, Kamis (25/3/2021).

Menurut Dante, meski sudah berusia lebih dari satu abad, Wiryawan sangat memahami pentingnya vaksinasi dan semangat untuk mendapatkannya.

“Pak Wiryawan ini juga sangat antusias divaksinasi karena beliau percaya akan manfaat vaksin,” tuturnya.

Setelah menerima vaksin dosis pertama, kata Dante, Wiryawan dalam tetap sehat dan tanpa mengalami gejala atau efek samping apapun.

Dante berharap semangat pria tersebut dapat menjadi inspirasi bagi warga lain khususnya lansia untuk mau mengikuti program vaksinasi demi memerangi pandemi Covid-19.

“Mudah-mudahan ini jadi inspirasi bagi semua lansia untuk dilakukan vaksinasi sehingga mortalitas yang kebanyakan diderita oleh para lansia ini bisa segera turun,” kata dia.

Lebih lanjut, Dante menyebut berdasarkan data Kemenkes hingga 25 Maret 2021, lebih dari enam juta orang di Indonesia sudah divaksinasi Covid-19.

“Hingga saat ini sudah enam juta orang divaksinasi, tiga juta diantaranya telah diberikan (vaksin) dosis kedua. Jadi kita telah melakukan sembilan juta suntikan untuk program gerakan vaksinasi selama tiga hari ini,” terangnya.

Ia mengimbau masyarakat untuk tidak ragu melakukan vaksinasi. Pasalnya, menurut Dante, pemerintah pasti akan memprioritaskan vaksin yang benar-benar aman.

Selain itu, ia juga meminta masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan virus Corona di tengah masyarakat.

“Mudah- mudahan dengan kedatangan hari ini kita memperoleh manfaat yang besar dan mendapatkan akselerasi proses vaksinasi di Indonesia secara cepat dan mencapai target yang kita harapkan secara maksimal,” ujarnya. [try]


Baca berita terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler

Add New Playlist