Kafilah Sumbar Rusydi Haris Dwi Putra Juara Pertama Tafsir Bahasa Arab STQH Nasional XXVI

Penulis: Redaksi

Sofifi, Padangkita.com – Rusydi Haris Dwi Putra menyelamatkan muka Sumatra Barat (Sumbar) dengan menjadi juara pertama cabang tafsir bahasa Arab pada Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadis (STQH) Nasional XXVI 2021.

Rusydi unggul atas dua finalis lainnya, yakni Medi Hamzah asal Sumatra Selatan dan Amrozy Abdillah asal DKI Jakarta. Atas kemenagan ini, Rusydi terpilih mewakili Indonesia pada ajang serupa di tingkat internasional mendatang.

Wakil Pimpinan Kafilah Sumbar, Yufrizal mengatakan pihaknya bersyukur atas pencapaian Sumbar di ajang ini.

“Kita sangat berterima kasih kepada seluruh kafilah yang telah berjuang membela Sumbar di kancah nasional, terutama kafilah yang berhasil memperoleh peringkat terbaik. Kalah menang itu biasa dalam perlombaan,” ujarnya.

Ia menyebut cabang tafsir bahasa Arab merupakan cabang yang paling bergengsi di antara cabang lain.

“Cabang ini menjadi bergengsi karena tiga aspek penting yang menempel didalamnya. Pertama, tilawah, tafsir itu sendiri, dan bahasa Arab sebagai media memahaminya,” ujar Yufrizal.

Rusydi menjadi satu-satunya kafilah Sumbar yang bertanding hingga babak final STQH Nasional XXVI 2021.

Di luar itu, terdapat tiga kafilah Sumbar yang meraih juara harapan di ajang STQH Nasional XXVI 2021.

Mereka adalah Fithri Mardiyah dari cabang tafsir bahasa Arab putri, Dasrizal dari cabang tilawah dewasa, serta Fathiyah Arafah dari cabang hifzhil 5 juz tilawah dan tilawah. Mereka masing-masing memperoleh juara harapan satu, dua, dan tiga.

Baca juga: Sumbar Hanya Punya Satu Wakil di Babak Final STQH Nasional XXVI Sofifi  

Secara nasional, DKI Jakarta tampil sebagai juara umum STQH Nasional XXVI 2021. Adapun Sumbar berada di peringkat ke-10. [den/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist