Kabar Baik, Bansos PKH Tahap II Kemensos Telah Dibagikan

Penulis: Ramono Aryo

Berita Jakarta hari ini: Kemensos telah menyalurkan bansos tunai PKH Tahap II sebesar Rp 6,53 triliun

Jakarta, Padangkita.com – Pada bulan puasa ini, Kementerian Sosial (Kemensos) telah menyalurkan bantuan sosial (bansos) tunai Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap II sebesar Rp 6,53 triliun.

Bantuan sosial tersebut diperutunkan bagi 9.074.584 orang yang tersebar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di seluruh Indonesia.

Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam keterangan tertulisnya mengatakan bahwa pembagian bantuan tersebut dilakukan bersamaan dengan masuknya awal bulan Ramadan.

“Pencairan bantuan ini untuk Tahap II, kebetulan bulan April. Jadi pas bersamaan dengan awal puasa,” katanya, kemarin, Minggu (18/4/2021).

Dirinya berhaap dengan cairnya bantuan sosial pada awal bulan Ramadan tersebut dapat mengurangi beban masyarakat. Karena biasanya kebutuhan masyarakat akan meningkat di bulan tersebut.

“Bulan puasa pengeluaran akan meningkat untuk memenuhi kebutuhan sahur maupun buka puasa, untuk beli takjil atau beli makanan tambahan lainnya,” ucapnya.

Pencairan bansos tunai ini juga diharapkan dapat membantu mempercepat pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi COVID-19.

“Dengan bertambahnya simpanan (saving) masyarakat, makin tinggi daya beli masyarakat. Kalau daya beli meningkat maka pedagang kecil juga akan terkena dampaknya, dagangan jadi laku dan bisa mendapatkan untung,” kata mantan Walikota Surabaya itu.

Baca Juga: Tiga Bansos Cair Mulai Januari 2021, Ibu Hamil dan Anak Sekolah juga Dapat

Berdasarkan data Direktorat Jaminan Sosial Keluarga Kementerian Sosial, alokasi anggaran bantuan sosial PKH tahun 2021 sebesar Rp 28,71 triliun dan telah disalurkan dua tahap sebesar Rp 15,35 triliun yaitu bulan Januari 2021 sebesar Rp 6,82 triliun dan bulan April Rp 6,53 triliun. [*/abe]


Baca berita Jakarta hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler