Inovasi PO Rosalia Indah: Awalnya Dicibir, Kini Malah Menjadi Legrest Ternyaman

Penulis: Isran Bastian

Jakarta, Padangkita.com – Belum hilang dari ingatan kita semua, ketika beberapa tahun yang lalu perusahaan otobus (PO) Rosalia Indah sang Sultan Palur, melakukan sebuah inovasi yang sangat berani dan brilian.

Inovasi tersebut yakni dengan mengganti bentuk legrest atau sandaran kaki, pada beberapa armada bus terbarunya. Saat itu legrest terbaru dari PO Rosalia indah ini langsung ramai diperbincangkan di kalangan busmania Indonesia.

Seperti biasanya, hal yang baru pasti akan menimbulkan pro dan kontra. Selalu ada pihak yang mendukung dan ada juga pihak yang kurang suka. Namun sejatinya, sebuah inovasi dilakukan untuk sebuah perubahan ke arah yang lebih baik dan lebih nyaman.

Setelah legrest terbaru ini di launching banyak orang yang langsung mencoba armada bus Rosalia Indah dengan legrest terbaru ini. Hingga saat ini, inovasi legrest dari PO Rosalia Indah ini menjadi trend pada di dunia moda transportasi bus. Legrest terbaru dari Rosalia Indah ini kini diaplikasikan pada kursi bus Rosalia Indah di kelas eksekutif, eksekutif plus, serta pada kelas super top.

Pada beberapa bus kelas eksekutif Rosalia Indah, dengan harga tiket yang sangat terjangkau, difasilitasi dengan kursi nyaman dan legrest selonjor yang sangat memanjakan penumpang.

Salah satu legrest inovasi kursi bus milik PO Rosalia Indah. [Foto: Ical Traveller]
Legrest tipe ini memiliki box sebagai tempat penyimpanan sepatu atau tas kecil pada bagian bawahnya. Sementara bagian atas merupakan tempat sandaran kaki, namun bagi sobat traveller yang memiliki tinggi badan di atas 175 cm memang legrest ini tidak bisa meluruskan kaki dengan sempurna.

PO Rosalia Indah sendiri secara bertahap melakukan perubahan legrest pada sebagian besar armada busnya. Hal ini dilakukan untuk lebih memberikan kenyamanan kepada para penumpangnya.

Harus diakui secara jujur posisi kaki yang lurus ke depan memang terasa lebih nyaman, jika dibandingkan dengan kaki menggantung pada tipe legrest kursi bus yang biasa. Hal inilah yang kemudian, banyak pengguna moda transportasi bus yang memilih armada bus, yang memberikan tingkat kenyamanan yang jauh lebih tinggi, dibandingkan dengan armada bus lainnya.

Pada saat ini sudah banyak PO yang mengaplikasikan legrest versi Rosalia Indah ini. Beberapa di antaranya adalah PO Gunung Harta, Agung Sejati, DVD dan masih ada beberapa PO lainnya.

Patut dicatat, jika dilihat dari sisi jumlah penumpang, penggunaan legrest selonjor inovasi Rosalia indah ini, akan menjadikan kapasitas bus menjadi jauh lebih sedikit, jika dibandingkan dengan legrest tipe biasa. Hal ini dikarenakan legrest tipe ini memang tidak akan nyaman jika dipaksakan untuk menampung jumlah penumpang yang jauh lebih banyak. Selalu ada dua sisi yang harus dilihat, namun sangat jelas jika dilihat dari sudut pandang penumpang, penggunaan legrest dengan tipe ini memberikan kenyamanan yang jauh lebih baik.

Tidak perlu diragukan lagi, perjalanan panjang dengan kursi dan legrest yang nyaman ini akan memberikan suatu pengalaman tersendiri. Dengan duduk pada posisi nyaman, dapat dipastikan kondisi badan dari para penumpang menjadi lebih rileks, yang pada akhirnya akan mengurangi rasa lelah dalam perjalanan, ketika para penumpang tiba di kota tujuan.

Badan tidak akan terasa lelah, justru perjalanan dengan menggunakan moda transportasi bus bisa menjadi ajang istirahat, dan para penumpang tiba di kota tujuan sudah siap untuk beraktivitas.

Selain kenyamanan pada legrest pada saat ini, ketersediaan colokan USB menjadi suatu hal yang tidak kalah pentingnya bagi para penumpang. Penggunaan telepon genggam yang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, jelas menjadikan ketersediaan colokan USB menjadi suatu kebutuhan terlebih untuk perjalanan jarak jauh. Hal inilah yang kini juga diakomodir oleh para pengusaha PO untuk menyediakan colokan USB pada setiap kursi penumpang.

Pada saat ini persaingan antar PO semakin ketat sehingga setiap PO selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan setianya. Para penumpang sendiri kini bisa memiliki banyak pilihan, PO mana yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: PO Bus Sinar Jaya Semakin Merangsek di Sumatra, Tambah Trayek Baru Lagi!!

Pelayanan kru yang ramah saat ini memang sudah menjadi suatu keharusan dan menjadi suatu standar operasional bagi setiap PO. Maka dari itu diperlukan sebuah inovasi pelayanan lain, yang bisa membuat penumpang tidak akan berpaling ke lain hati. [isr]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist