Ini Upaya Amartha Mendigitalisasi 50 Ribu UMKM di Sumbar 

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Hadir sejak 2020 di Sumatra Barat, PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) perusahaan microfinance marketplace yang menyediakan platform keuangan inklusif bagi pelaku usaha mikro, akan fokus pada pengembangan ekonomi digital di Sumbar.

Senior Business Development Lead Amartha, Aditya Pratomo mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya telah mendigitalisasi lebih dari 50 ribu UMKM di Sumbar lewat aplikasi Amartha+ (Amartha Plus-red).

“Angka ini tumbuh sangat signifikan dibandingkan tahun lalu yang baru menjangkau 10 ribu UMKM lokal Sumbar. Peningkatan ini menjadikan Sumbar sebagai tertinggi adopsi digital untuk wilayah operasional Armatha,” terangnya Selasa (6/12/2022).

Dengan peningkatan ini juga mendongkrak transaksi di aplikasi Amartha+ sehingga tumbuh pesat. Hingga Oktober 2022 transaksi sudah mencapai angka Rp55 miliar untuk wilayah Sumatra.

Untuk melakukan sosialisasi digitalisasi, Amartha mengerahkan lebih dari 5.000 orang tenaga lapangan yang tersebar di seluruh wilayah operasional untuk memberikan edukasi literasi digital sekaligus memonitor perkembangan usaha mitra.

“Ini merupakan salah satu strategi kita untuk mempersiapkan para mitra agar siap beradaptasi dengan perubahan teknologi, salah satunya di bidang layanan keuangan.” sambungnya.

Khusus wilayah Sumbar, Amartha mengadakan program #AyoPakeAmartha+ yang memberikan sosialisasi penggunaan aplikasi tersebut di daerah Payakumbuh dan sekitarnya.

Aplikasi Amartha+ menyediakan fasilitas belanja borongan bagi para mitra. Melalui fitur PPOB atau belanja borongan, mitra secara bersama-sama dapat membeli bahan untuk modal usaha dengan harga grosir, sehingga dapat memperoleh untung lebih besar dari selisih harga pasar.

Aplikasi ini juga menyediakan layanan pembelian pulsa, serta pembayaran tagihan rumah tangga seperti listrik dan PDAM.

Baca Juga : Amartha Telah Salurkan Pinjaman Rp208 Miliar di Sumbar, Begini Target 2022

“Amartha senantiasa berupaya untuk mempercepat digitalisasi di pedesaan, yang kami wujudkan salah satunya melalui penyediaan aplikasi Amartha+. Selain menghemat pengeluaran dari sistem belanja borongan, mitra juga mendapat penghasilan tambahan karena membuka layanan beli pulsa dan pembayaran tagihan rumah tangga.” pungkasnya. [hdp]

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist