Ini Dia Cara Seru dan Mudah Bekeliling Menikmati Kota Padang 

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Bagi pengunjung yang pertama kali menginjakkan kaki ke Padang tak perlu cemas jika ingin berkeliling menikmati kota.

Pasalnya sebagai ibu kota Provinsi, Kota Padang telah ditunjang dengan berbagai noda transportasi yang memberikan kemudahan akses bagi masyarakat maupun pengunjung.

Buat yang tengah berlibur atau ingin sekedar menikmati kota Padang, berikut Padangkita.com rangkum tips mudah berkeliling kota Padang.

 

1. Transpadang

Bus Trans Padang. [Foto : Padangkita]
Jika ingin berkeliling kota Padang, maka Transpadang merupakan salah satu pilihan tepat.

Karena angkutan massal bus rapid transit (BRT) ini mengaspal dari kawasan Pusat kota hingga ke sejumlah batas kota.

Mulai beroperasi sejak 2014, saat ini sudah ada tiga koridor yaitu koridor I dari RTH Imam Bonjol, Chatib Sulaiman, Tabing, Lubuk Buaya hingga berakhir di Terminal Anak Air.

Lalu Koridor IV dari Terminal Anak Air melintasi kawasan Jalan By Pass hingga berakhir di Lantamal Teluk Bayur.

Sementara itu, Koridor V melayani rute RTH Imam Bonjol melalui kawasan Tarandam, Simpang Haru, Marapalam dan berakhir di Masjid Raya Al Ittihad Indarung.

Bagi yang ingin berkeliling dengan transpadang, pastikan dulu telah memiliki kartu brizzi atau aplikasi pembayaran non tunai di smartphone. 

 

2. Kereta Api

Kereta Api Sibiniuang [Foto : Hudapoetra/Instagram]
Selain jadi transportasi antar daerah dan ke bandara, kereta api di Padang juga kerap digunakan masyarakat untuk berkeliling atau menikmati kota Padang.

Saat ini di Padang dua perjalanan kereta api di Padang yaitu KA Sibinuang relasi Padang – Pariaman – Naras PP, KA Minangkabau Ekspres relasi Pulau Aie – Bandara Internasional Minangkabau PP.

Kebanyakan masyarakat membawa keluarganya berjalan-jalan menggunakan kereta api bandara karena jauh lebih baru dan nyaman.

Untuk yang ingin mencoba berkeliling dengan kereta api bandara disarankan naik dari Stasiun Pulau Aie di jalan Pasa Gadang, Padang Selatan

 

3. Bendi

Bendi atau Delman [Foto : Infopublik]
Bendi merupakan sarana transportasi tradisional di Padang yang cukup mudah ditemukan, dijumpai di kawasan wisata seperti Pantai Padang, Muaro Lasak, atau di sekitaran RTH Imam Bonjol dan Pasar Raya.

Kereta kuda ini masih kerap digunakan masyarakat untuk berkeliling di sejumlah kawasan wisata bersama keluarga.

Misalnya naik dari Museum Adityawarman lalu berkeliling ke Pantai Padang.

 

4. Ojek Online

Ilustrasi Ojek Online
Ilustrasi Ojek Online. (Foto: Getty Images)

Kehadiran transportasi online saat ini semakin mempermudah aktivitas masyarakat, sehingga tidak heran keberadaannya saat ini sangat dibutuhkan.

Di Padang saat ini ada tiga penyedia llayanan transportasi online yang bisa dimanfaatkan masyarakat maupun pengunjung untuk berkeliling kota Padang.

Baca JugaJadi Pusat Kuliner Sejak 90’an, Ini Rekomendasi Tempat Nongkrong di Jalan Tepi Pasang Padang 

Bahkan beberapa layanan aplikasi ini menyediakan kode voucher khusus untuk berkeliling kota Padang. [hdp]

 

Terpopuler

Add New Playlist