Ini Daftar Makam Ulama yang Bisa Diziarahi di Kota Padang

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Berziarah sudah menjadi tradisi sebagian besar masyarakat sejak dulu. Bagi kaum muslim, ziarah kubur merupakan salah satu ibadah yang disyariatkan dalam agama Islam. Karena dalam ziaran ada hikmah, keutamaan dan manfaat bagi orang yang berziarah maupun bagi yang diziarahi.

Ziarah kubur bukan hanya mengunjungi makam keluarga atau kerabat, namun juga makam-makam ulama untuk mengirimkan doa dan mengharapkan syafaat.

Nah, bicara makam ulama yang layak diziarahi, di Kota Padang ternyata terdapat beberapa. Makam tersebut adalah makam ulama besar, berikut Padangkita.com rangkum 4 di antaranya:

1. Makam Syekh Muhammad Dalil bin Muhammad Fatawi

Syekh Muhammad Dalil bin Muhammad Fatawi bergelar Syekh Bayang, merupakan ulama besar yang berasal dari Bayang, Pesisir Selatan dan menetap di Padang.

Syekh Bayang dulu merupakan mursyid tarekat Naqsabandiyah di Padang yang dikenal suka menulis, di antara buku karyanya adalah “Targhub Ila Rahmatillah”, “Nazhm Darul Mau’izhah/Miftahul Haq” dan “Majmu’ Musta’mal”.

Syekh Bayang dimakamkan di kompleks pekuburan yang berada di belakang Masjid Raya Ganting. Di masjid ini Syekh Bayang lama membina majelis ilmu.

2. Makam Syekh Khatib Ali

Syekh Khatib Muhammad Ali merupakan seorang ulama pembaharu pendidikan Islam. Ia sempat belajar ke Mekkah dan berguru dengan sejumlah ulama besar di sana seperti Syekh Usman Fauzy al-Chalidy Jabal Qais, Imam Besar Masjidil Haram Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi, Syekh Sa’udasy Mekkah, Syekh Ahmad Ridwan Madinah dan sejumlah ulama lainnya.

Saat menetap di Padang, ia mendirikan Madrasah Al Irsyadiyah, aktif dalam pergerakan Syarikat Islam.

Syekh Khatib Ali termasuk golongan ulama yang menjaga tradisi tahlil, qunut dan maulid. Syekh Khatib Ali wafat 30 Juli 1936 dan dimakamkan di kompleks Masjid Istigfar, Parak Gadang yang juga tempat ia dahulu mendidik murid-muridnya.

3. Makam Syekh Umar Khalil

Syekh Umar Khalil merupakan ulama yang juga penggerak Persatuan Tarbiyah Islamiyah di Padang. Bahkan namanya juga diabadikan menjadi salah satu ruas jalan di kawasan Kuranji, Padang.

Ia dimakamkan tidak jauh dari MI dan SMP Perti Kota Padang di Jalan Syekh Umar Khalil. Pengunjung atau yang ingin berziarah bisa bertanya pada warga sekitar jika ragu soal mana makamnya.

4. Makam Syekh Muhammad Thaib

Syekh Muhammad Thaib merupakan salah satu ulama yang juga menuntut ilmu hingga ke Mekkah. Sepulang dari tanah suci, ia mengembangkan ajaran tarekat Naqsyabandiyah. Melalui pendekatan yang ia lakukan tersebut, masyarakat menerima dakwahnya.

Baca juga: Mensos Risma Menyapu Halaman Makam Syekh Burhanuddin Ulakan Padang Pariaman  

Pada tahun 1910, Syekh Thaib membangun surau sebagai tempat mengembangkan dakwahnya. Surau inilah yang kini bernama Surau Baru dan masih eksis hingga saat ini yang berlokasi di Pauh, Padang.

Di surau inilah ia dimakamkan, surau yang menjadi basis tarekat Naqsabandiyah di Padang saat ini. (*/pkt)

Terpopuler