Berita

Ini 33 Calon Pimpinan OJK yang Lolos Seleksi Tahap 2, Beberapa di Antaranya Orang Minang  

×

Ini 33 Calon Pimpinan OJK yang Lolos Seleksi Tahap 2, Beberapa di Antaranya Orang Minang  

Sebarkan artikel ini
Gedung OJK di Jakarta. [Foto: Ist.]

Jakarta, Padangkita.com – Panitia Seleksi Calon Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2022-2207 mengumumkan sebanyak 33 nama yang lolos seleksi tahap kedua.

Ketua Panitia Seleksi, Sri Mulyani Indrawati menyampaikan nama-nama yang berhasil lolos ini telah melalui tahapan seleksi tahap kedua, meliputi penilaian masukan dari masyarakat, rekam jejak, dan makalah.

Dalam pengumuman Nomor PENG-03/PANSEL-DKOJK/2022, Calon Anggota DK OJK yang ditetapkan lulus Seleksi Tahap II. Penelusuran Padangkita.com, dari 33 nama tersebut beberapa di antaranya adalah orang Minang atau Sumatra Barat (Sumbar).

Mereka antara lain Dr. Agusman dan Dr. Mirza Adityaswara, serta beberapa orang lainnya.

“Dr. Agusman dari Pariaman dan Dr Mirza Adityaswara anak dari Prof. Dr. Sutan Remi Syahdeini. Ada dua lagi, tapi saya tidak kenal dan ada pula urang sumando,” kata Iramady Irdja, perantau Minang yang merupakaan pensiunan Bank Indonesia, kepada Padangkita.com, Minggu (20/2/2022).

Dr. Agusman putra Pariaman. [Foto: Ist.]
Dikutip dari Bisnis.com, Agusman adalah kelahiran Pariaman, 6 Agustus 1965. Ia merupakan lulusan Fakultas Ekonomi, Akuntansi Universitas Andalas, pada 1989. Agusman juga menyandang gelar Phd (doktor) dari Australian National University (ANU), Canberra, Australia.

Ia cukup lama berkarir di Bank Indonesia dan fokus pada pengawasan perbankan. Selain itu, Agusman juga aktif memberi pelatihan dan pendidikan di sejumlah perguruan tinggi.

Adapun rincian 33 nama Calon Anggota DK OJK yang ditetapkan lulus Seleksi Tahap II adalah sebagai berikut:

  1. Firmansyah N. Nazaroedin, Ak., M.Sc., CA.
  2. Dr. Dian Ediana Rae, S.H., LL.M.
  3. Dr. Iskandar Simorangkir, S.E., M.A., CRGP.
  4. Junino Jahja, S.E., M.B.A.
  5. Mahendra Siregar, S.E., M.Ec.
  6. Dr. Marwanto, MA
  7. Budi Santoso, S.E., Ak., MForAccy., PGCS., CA., CFE., CPA. (AUST.)
  8. Ir. H. Hariyadi, M.B.A., CERG.
  9. Hidayat Prabowo
  10. Ir. Difi Johansyah, M.B.A.
  11. Dr. Adi Budiarso, FCPA.
  12. Didik Madiyono, S.E., M.M.
  13. Pantro Pander Silitonga, B.Sc., M.B.A
  14. Ir. Ogi Prastomiyono, M.B.A.
  15. Dr. Peter Jacobs, S.H., M.P.A.
  16. Dr. Pahala Nainggolan, CA.
  17. Dr. Agusman, S.E. Akt., M.B.A.
  18. Dr. Friderica Widyasari Dewi, S.E., M.B.A.
  19. Prof. Dr. Bambang Pamungkas, Ak., M.B.A., CA., CPA., CFRA.
  20. Iwan Pasila
  21. Dr. Ir. Darwin Cyril Noerhadi, M.B.A.
  22. Inarno Djajadi
  23. Dr. Agus Susanto, S.I.P., M.M., ACE.
  24. Mirza Adityaswara
  25. Yuli Kristiyono
  26. Tirta Segara, S.E., M.B.A.
  27. Etty Retno Wulandari, Ak., CA., M.B.A., Ph.D
  28. Sophia Issabella Watimena, S.E., CA., M.B.A.
  29. Mohamad Fauzi Maulana Ichsan, M.Sc.
  30. I. B. Aditya Jayaantara
  31. Hoesen
  32. Prof. Dr. Candra Fajri Ananda, S.E., M.Sc.
  33. Doddy Zulverdi, S.E., MIA.

“Keputusan panitia seleksi bersifat final, mengikat, dan tidak dapat diganggu gugat,” kata Sri Mulyani, Minggu (20/2/2022) sebagaimana dikutip CNBCIndonesia.

Sri menyampaikan, nantinya, seleksi tahap ketiga akan melakukan asesmen dan pemeriksaan kesehatan yang akan dilaksanakan pada 23 Februari dan 24 Februari 2022.

Pemeriksaan kesehatan dilakukan di Ruang Medical Check Up Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto. Adapun, calon anggota DK OJK yang sedang terpapar Covid-19 akan menjalani pemeriksaan kesehatan terbatas yang dilaksanakan oleh tim medis Rumah Sakit Pusat Pertamina.

“Hasil seleksi Tahap III, asesmen dan pemeriksaan kesehatan akan diumumkan di laman https://seleksi.dkojk.kemenkeu.go.id, https://kemenkeu.go.if, https://bi.go.id,” demikian tertulis pengumuman tersebut.

Sebagai informasi, Panitia Seleksi DK OJK 2022-2027 yang diketuai Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membuka pendaftaran seleksi sejak 7 Januari dan berakhir pada 25 Januari 2022 lalu.

Tujuh posisi jabatan yang dibuka antara lain, Ketua Dewan Komisioner merangkap Anggota, Wakil Ketua DK OJK sekaligus Ketua Komite Etik merangkap Anggota DK OJK, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan merangkap Anggota, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal merangkap Anggota.

Baca juga: Penjelasan OJK Soal Dugaan Investasi Bodong di Agam dan Cara Agar Tak Mudah Tertipu “Money Game”

Selanjutnya, Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian Dana Pensiun dan Lembaga Keuangan Lainnya merangkap Anggota, Ketua Dewan Audit merangkap Anggota serta Anggota yang Membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen. [*/pkt]