Indonesia Jadi Tuan Rumah Forum Kebencanaan Dunia, Dihadiri 7.000 perserta dari 193 negara

Penulis: Mentari Tryana

Jakarta, Padangkita.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan Indonesia menjadi tuan rumah Global Platform Disaster Risk Reduction atau forum kebencanaan dunia yang digelar di Bali pada 2020.

Gelaran ini merupakan forum dua tahunan yang dibentuk oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk meninjau kemajuan berbagai pengetahuan. Selain itu, mendiskusikan perkembangan dan tren terbaru dalam penanganan kebencanaan.

Baca Juga

“Ini harus dipersiapkan dengan baik. Saya kira sebagai tuan rumah banyak pengalaman dalam menjadi tuan rumah berbagai konferensi internasional,” ujar Jokowi, dilansir dari Liputan6.com, jaringan Padangkita.com, Kamis (15/10/2020).

Rencananya, forum ini akan dihadiri oleh 5.000 hingga 7.000 perserta dari 193 negara. Jokowi ingin konferensi tersebut juga dijadikan ajang menunjukan peran Indonesia dalam pengurangan risiko bencana.

“Kita memanfaatkan konferensi berskala dunia ini untuk kepentingan nasional kita sekaligus penegasan peran Indonesia dalam pengurangan risiko bencana di dunia,” jelasnya.

Baca juga: Kasus Covid-19 Bisa Meningkat dari Klaster Unjuk Rasa, Satgas Imbau Perhatikan Protokol Kesehatan

Adapun acara ini akan diselenggarakan pada 23-28 Mei 2022 di Bali, Indonesia. Kegiatan ini juga akan dilengkapi dengan fasilitas dan protokol kesehatan yang mampu mengakomodir adanya penanganan Covid-19.

Jokowi berharap, forum ini dapat menjadi ajang bagi Indonesia untuk sekaligus memamerkan kekayaan pariwisata yang dimiliki.

Ia meminta jajaran menteri memanfaatkan konferensi Internasional ini untuk mempromosikan wisata Indonesia.

“Tentu saja, jangan sampai lupa bahwa kehadiran 190-an negara itu dapat kita gunakan untuk momentum mempromosikan pariwisata Indonesia,” ujar Jokowi. [*/try]


Baca berita terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler