Ijau Daun dan Ijau Langik, Tidak Ada Warna Biru dalam Bahasa Minang

Penulis: Sonia
|
Editor: Redaksi

Berita Jeda hari ini dan berita Sumbar hari ini: Orang Minang tidak mengenal warna biru? Warna biru dianggap sebagai varian warna hijau

Padang, Padangkita.com –  Orang Minang tidak mengenal warna biru? Warna biru dianggap sebagai varian warna hijau. Makanya, di Minang ada yang disebut hijau daun (hijau) dan ada yang disebut hijau langik (langit) dan ada yang menyebut hijau lauik (laut) yang sebetulnya adalah biru. Atau ada yang menyebut hijau blau,  pewarna pakaian yang sebetulnya biru.

Soal warna ini telah banyak cerita-cerita lucu yang muncul. Tentu cuma untuk sekadar candaan, tak lebih.

Dalam bahasa Minang, dikenal warna-warna dasar seperti merah, ijau, kuniang. Namun, tahukah Anda nama-nama warna sekunder dalam bahasa Minang seperti warna nila yang sekarang sedang populer atau padanan warna jingga dalam bahasa Minang?

Alam takambang jadi guru, falsafah hidup orang Minang terlihat dalam banyak dalam hal termasuk dalam nama-nama warna. Setiap nama warna dalam bahasa Minang selalu mengacu pada nama-nama benda yang ada di alam.

Berikut Padangkita.com rangkum nama-nama warna dasar dan warna turunan dalam bahasa Minang dari buku “Alam dalam Perspektif Masyarakat Minangkabau” karya Lindawati.

Warna merah dan turunannya

Warna merah disebut juga dengan sirah di beberapa daerah di Minangkabau. Jika dalam bahasa Indonesia dikenal warna merah marun, bagaimana dengan bahasa Minang?

Nah, setiap nama warna turunan atau variasi dari warna merah memiliki tambahan kata dari benda yang di alam.

Warna turunan dari warna merah yaitu merah ati, merah sago, merah darah, merah dalimo (delima), merah darah, merah jambu, merah tuo (tua), dan merah mudo (meda).

Warna hijau dan turunannya

Warna hijau di dalam bahasa Minang disebut dengan ijau. Untuk variasi warna turunannya terdiri dari ijau lumuik (lumut), ijau daun, ijau pucuak (pucuk) untuk warna hijau kekuningan, ijau tuo (tua), dan ijau mudo (muda).

Namun, ada dua warna yang disebut ijau tetapi bukan warna hijau dalam bahasa Indonesia. Keduanya yaitu ijau langik dan ijau taruang. Ijau taruang merupakan padanan warna ungu.

Terpopuler