IAIN Batusangkar Gelar Dua Event Internasional, Ini Jadwalnya 

Penulis: Isran Bastian

Batusangkar, Padangkita.com – Lembaga Kemahasiswaan (LK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar akan menggelar dua event bertaraf Internasional dalam waktu dekat ini.

Kampus di Kabupaten Tanah Datar tersebut bakal menyelenggarakan International Scientific Writing Competition tingkat Internasional. Rencananya, gelaran tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 1 hingga 8 April, 2022.

Wakil Rektor Bidang kemahasiswaan dan Kerjasama Sirajul Munir mengatakan, dalam tahun ini kampus tersebut akan mendorong semua lembaga kemahasiswa dari 56 LK mempunyai satu program Unggulan, yakni kegiatan yang bertaraf Internasional dan juga mengacu kepada lima arah kebijakan rektor yang telah kita sepakati bersama.

“Satunya lagi akan digelar setelah lebaran nanti, yakni kegiatan International Islamic Speech Competition pada bulan Mei 2022,” kata Sirajul.

Dua event bergengsi tingkat Internasional ini akan digelar oleh Jurusan Pengembagan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) Kegiatan ini yang bertemakan “How Millenials are engaging and building relationships with social organizations”.

Melalui kegiatan ini, Sirajul berharap tulisan yang akan digarap peserta dalam lomba mengarah kepada bagaimana para milenial tertarik dan mampu membangun hubungan dengan organisasi sosial, sehingga mereka care terhadap aktivitas social, kita akan hadirkan Dewan juri berasal dari Turki dan Indonesia.

Sementara itu, Lembaga kemahasiswaan lainnya, yakni Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Dakwah Kampus Arruhul Jadid, akan menggelar International Islamic Speech Competition, Lomba pidato internasional ini mengusung tema “On Being Islam Moderate and Peaceful”

Kegiatan ini, bagaimana mahasiswa sebagai agen perubah memiliki mindset bahwa Islam itu moderat (islam wasahon) dan mencintai perdamaian, kegiatan ini akan berlangsung secara daring saat Babak penyisihan (5-11 Mai 2022) dan Live zoom saat memasuki Babak Grand Final yang menyeleksi 10 Da’I terbaik (17 Mai 2022). Berbagai Perguruan Tinggi baik Dalam negeri maupun luar negeri sudah mulai melirik untuk mendaftar pada kegiatan ini.

Sirajul Munir melanjutkan, bahwa pihaknya menambahkan dalam program-program yang lain LK IAIN Batusangkar juga kita siapkan seperti kegiatan tingkat nasional dan regional, kampus melalui Wakil Rektor, Wakil Dekan III dan juga semua Pembina LK IAIN Batusangkar, kita akan dorong ide-ide mereka, ini tak lain adalah menguatkan relasi mereka di kancah dunia dan menambah kecakapan dalam mengangkat event-event internasional, nasional dan regional.

Baca Juga: Tak Hanya Feni Mardika, 6 Mahasiswa Ini Juga Harumkan Nama IAIN Batusangkar se-Indonesia

“Insya Allah bakal menyusul dua event internasional lainnya seperti International Solo Song yang akan diselenggarakan UKM Seni serta International Story telling competition yang bakal dihelat oleh UKM Bahasa dan Komunikasi,” tutup Sirajul Munir. [isr]

Terpopuler

Add New Playlist