Hati-hati, 5 Kesalahan Perawatan Kulit Ini Justru Picu Timbulnya Jerawat

Penulis: Mentari Tryana

Jakarta, Padangkita.com – Perawatan kulit dan wajah tentu bertujuan untuk membuat kulit lebih baik dari sebelumnya. Perawatan maksimal dinilai ampuh membasmi seluruh masalah kulit dan wajah.

Tapi nyatanya, kesalahan dalam perawatan justru dapat memicu timbulnya masalah baru pada kulit dan wajah, salah satunya jerawat.

Baca Juga

Bright Side telah melakukan beberapa penelitian untuk menemukan kesalahan perawatan kulit mana yang mungkin menyabotase upaya Anda untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bersih.

Seperti dikutip dari laman Bright Side, Kamis (24/9/2020), berikut 5 kesalahan perawatan kulit yang bisa sebabkan jerawat:

1. Menggunakan tabir surya yang salah

Tabir surya memang penting untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari, namun, hati-hati, beberapa jenis tabir surya justru dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Baca juga: Kaya Protein, Ini 10 Manfaat Gelatin untuk Kesehatan

Beberapa formula tabir surya menggunakan filter organik berbahan dasar minyak yang dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan munculnya jerawat.

Tabir surya lain yang harus dihindari adalah produk berat dan komedogenik yang dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan noda serta komedo.

Cara terbaik untuk melindungi kulit Anda adalah dengan memilih pelembab siang hari yang mengandung SPF spektrum luas dan selalu mengaplikasikannya pada kulit yang bersih.

2. Terlalu sering mencuci muka

Mencuci muka tentu jadi kebiasaan yang menyenangkan bagi sejumlah orang, sebab dengan mencuci muka wajah berasa lebih bersih dan cerah.

Namun ternyata, tetapi mencuci muka berlebihan dapat menyebabkan masalah pada kulit.

Ahli kulit percaya, terlalu banyak membersihkan kulit dapat mengganggu keseimbangan. Menggunakan terlalu banyak produk yang dirancang untuk membantu mengeringkan minyak berlebih dapat membuat kulit Anda terlalu kering dan kelenjar minyak Anda menghasilkan lebih banyak minyak dan lebih banyak jerawat.

3. Menggunakan Tisu Makeup

Meskipun tisu rias sendiri tidak mungkin menyebabkan jerawat, tisu tersebut dapat meninggalkan kotoran dan residu riasan yang dapat menyebabkan jerawat.

Tisu mengandung alkohol, wewangian, dan bahan lain yang bisa mengeringkan kulit. Jika kulit Anda sensitif, ada kemungkinan menggosok akan mengiritasi dan menyebabkan pembengkakan dan peradangan yang dapat menyumbat pori-pori Anda.

4. Menggunakan Terlalu Banyak Produk Rambut

Beberapa produk perawatan rambut yang membantu merapikan rambut juga dapat menyebabkan jerawat. Sampo, kondisioner, dan produk penata rambut dapat menyebabkan berbagai jenis jerawat di sepanjang garis rambut dan di dahi.

Jika produk ini mengenai wajah Anda, produk tersebut dapat menyumbat pori-pori dan mengiritasi kulit Anda.

5. Tidak Membersihkan Kacamata Anda

Jika Anda sering berjerawat di sekitar kacamata, kemungkinan besar Anda lupa membersihkan bingkai. Dokter merekomendasikan untuk mengidentifikasi area masalah Anda untuk jerawat serta pangkal hidung.

Kacamata Anda juga mungkin terlalu ketat dan bisa menghalangi pori-pori Anda dengan mendorong sel kulit mati kembali ke dalam pori-pori.

Menyesuaikan ukuran kacamata Anda dapat membantu mencegah pori-pori tersumbat. [*/try]


Berita ini sebelumnya dimuat Suara.com jaringan Padangkita.com dengan judul: 5 Kesalahan Perawatan Kulit yang Bisa Picu Jerawat


Baca info kesehatan terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist