Galodo Malalo, BPBD Tanah Datar Tinjau Hulu Sungai, Alat Berat Dikerahkan

Penulis: Redaksi

Malalo, Padangkita.com – Mengatasi jalan yang putus total akibat banjir bandang di Malalo, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Datar menurunkan alat berat dari Dinas PU Tanah Datar ke lokasi kejadian.

“Langkah awal kita normalisasi akses jalan dulu. Sekarang alat berat dari Dinas PU Tanah Datar sedang di jalan ke sini,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Tanah Datar, Jumat (17/1/2020).

Sembari memperbaiki jalan, menurut Thamrin pihaknya akan mendata kerugian, baik rumah, jalan, dan sawah.

Di sisi lain, BPBD juga akan menelusuri sungai ke hulunya untuk melihat apakah masih ada potensi galodo atau tidak. “Kita akan tinjau ke hulu. Kita antisipasi mana tahu masih ada potensi galodo,” jelas mantan Kepala Dinas PU Tanah Datar ini.

Sedangkan untuk penanganan korban yang rumahnya terdampak, menurut Thamrin, Dinas Sosial Tanah Datar akan membangun posko di Malalo.

Baca juga: Banjir Bandang Malalo, Jalan Putus, 3 Rumah Hancur

Sebelumnya diberitakan, banjir bandang menghantam Jorong Tanjung Sawah, Nagari Padang Laweh Malalo, Batipuh Selatan, Tanah Datar, Jumat (17/1/2020). Tiga unit rumah, kantor PDAM dan Jalan Salingka Danau putus total.

Informasi yang dihimpun padangkita.com, peristiwa ini terjadi pada Jumat subuh. Sebelumnya, hujan lebat melanda kawasan Malalo sejak Kamis (16/1/2020) malam.

Warga yang khawatir akan terjadi galodo sudah terlebih dahulu mengungsi, sehingga korban jiwa bisa diminimalisir.

“Batu besar turun disertai lumpur, dan tanah. Batang Muaro Buluah membuat aliran baru. Airnya meluap menghantam rumah warga, kantor PDAM dan jalan provinsi,” ujar Kasmir, warga setempat.