Mantan Diplomat Handal Asal Minang Boer Mauna Meninggal Dunia

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Innalilahi Wa Innailai Rajiun, telah meninggal dunia salah seorang putra terbaik Sumatera Barat, Prof. Dr. Boer Mauna. Boer Mauna Lahir di Padang dan meninggal dunia di Jakarta, Jumat (10/01/2020) pada usia 87 tahun.

Kabar meninggalnya diplomat yang pernah bertugas di Mesir dan Maroko tersebut disampaikan oleh akun facebook @Burmalis Ilyas III.

“Innalillahi wa inna ilaihi roji’un. Telah berpulang ke Rahmatullah, Suami, Ayahanda, Grandpa kami tercinta. Bapak Prof. DR. Boer Mauna bin Mauna, (Asli Minang, Diplomat Senior, Mantan Duta Besar RI di Mesir dan Maroko). Jum’at, 10 Januari 2020 pukul 10:55 WIB.” tulisnya di pantau Padangkita, Sabtu (11/01/2020).

Keluarga besar memohon maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan almarhum Boer Mauna selama hidup hingga akhirnya beliau meninggal dunia.

Dilansir wikipedia, Boer Mauna merupakan alumnus Universitas Indonesia (UI), Jakarta, setelah meraih gelar Sarjana (S1) bidang Politik Internasional.

Gelar Master (S2) Ilmu Hukum bidang Hukum Laut Internasional ia dapatkan dari Institut des Houtes Etudes Int, Paris, Prancis. Sedangkan gelar Doktor (S3) Ilmu Hukum bidang Hukum Laut Internasional ia peroleh dari Faculte de Droit Universite de Paris, juga di Paris, Prancis.

Baca juga: Zubir Said, Putra Minang Pencipta Lagu Kebangsaan Singapura

Setelah tidak lagi aktif di dunia diplomasi, Boer Mauna menyumbangkan tenaga dan pikirannya sebagai pengajar. Ia tercatat sebagai guru besar pada Sekolah Pascasarjana Universitas Nasional (UNAS), Jakarta.

Pada tanggal 30 Oktober 2009 ia dianugerahi gelar Profesor oleh Universitas Indonesia atas jasa-jasanya dalam bidang pendidikan, terutama pendidikan di bidang hubungan internasional.

Terpopuler