Febri Diansyah, Mantan Jubir KPK yang Orang Padang Jadi Pengacara Istri Ferdy Sambo

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Mantan juru bicara atau jubir Komisi Pemerantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah masuk tim kuasa hukum bekas Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo.

Secara khusus, Febri akan mendampingi kasus yang menjerat istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

Sontak, kabar ini pun mengejutkan banyak orang. Sebab, pria kelahiran Padang, Sumatra Barat (Sumbar) ini, selama ini dikenal sebagai pejuang antikorupsi dan hak asasi manusia (HAM).

Kenapa Febri mau masuk tim pembela istri Sambo”

“Saya paham, ada yang setuju ada yang tidak. Mungkin juga ada yang marah, kecewa atau bahkan mendukung,” ungkap Febri melalui akun twitternya, Rabu (28/9/2022).

“Sebagai bentuk pilihan profesional sebagai advokat, tadi sudah saya sampaikan penjelasan ke teman-teman jurnalis sebagai berikut: Saya Akan Dampingi Perkara Bu Putri secara objektif.”

“Ya, saya memang diminta bergabung di tim Kuasa Hukum perkara tersebut sejak beberpa minggu lalu. Setelah saya pelajari perkaranya dan bertemu dengan Bu Putri, saya sampaikan bahwa kalaupun saya menjadi kuasa hukum, saya akan dampingi secara objektif.”

“Jadi, sebagai advokat saya akan dampingi perkara Bu Putri secara objektif dan faktual. Informasi lebih lanjut nanti akan disampaikan pada konferensi pers sore ini.”

Penjelasan Febri di twitter pun mengundang banyak komentar.

Shock baca beritanya. Pengacara tuh untuk bela klien kan mas? Apa bisa jadi objektif? Sudut pandangnya kan beda. Bisa dan harus diperjuangkan. Memang itu ujian bagi seorang advokat. Agar bisa objektif,” tulis akun Dian Kusuma.

Menanggapi hal itu, Febri menjawab, “Saya paham, memang itu ujian yang tidak mudah bagi saya untuk bisa objektif sebagai advokat. Terima kasih perhatiannya.”

“Bakal susah uda (sebutan kakak–bahasa Minang), mempertahankan obyektivitas kalau yang dibela adalah si pemberi kerja. Disayangkan karena bisa menegasi reputasi yang coba uda bangun. Walaupun saya yakin uda bisa bekerja secara profesional. Reputasi salah satunya dipengaruhi oleh persepsi publik,” tulis Eldrago.

“Saya paham, memang itu juga ujian yang tidak mudah bagi saya untuk bisa objektif sebagai advokat. Terima kasih perhatiannya,” tulis Febri.

Baca juga: Ada 490 Pelanggaran di Danau Singkarak, KPK: Perlu Identifikasi untuk Penyelamatan

Febri Diansyah cukup dikenal di kalangan aktivis di Sumbar. Selain memang dia orang Padang, Febri juga sangat aktif mengikuti dan mendukung kegiatan-kegiatan antikorupsi dan perjuangan HAM di Sumbar. Terutama saat dia menjadi jubir KPK. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist