Eksis Sejak 1991, Ini Dia Ampera Ayam Kampung Super Lezat di Kabupaten Solok

Penulis: Isran Bastian

Solok, Padangkita.com – Bicara kuliner atau masakan khas Minang, Sumatra Barat (Sumbar) jelas banyak ragamnya. Di provinsi ini banyak rumah makan atau ampera yang menjual makanan khas Minang legendaris.

Salah satunya seperti menu spesial yang dapat kamu jumpai di salah satu ampera di Kabupaten Solok, yakni Ampera Ayam Kampung Simpang Tiga Aripan.

Ampera ini khusus mengolah menu ayam kampung khas Minang yang tentunya lamak bana rasonyo.

“Untuk ayam gorengnya, digoreng pake kayu bakar. Jadi bikin tambah nikmat rasanya,” ujar Herlina Basri dalam salah satu video YouTube-nya, dilihat Padangkita.com, Minggu (11/9/2022).

Ampera ini berlokasi di Nagari Aripan, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok. Jika dari Kota Padang berjarak sekitar 73 Km, 2 jam 15 menit berkendara.

“Sejak tahun 1991, atau sudah ada sejak 31 tahun lalu,” ujar Dandris, si pemilik Ampera Ayam Kampung Simpang Tiga Aripan.

Dia mengungkapkan, menu ayam kampung sengaja dipilihnya karena di tempat tersebut banyak ayam kampung yang diternakkan oleh masyarakat. Dandris juga menjelaskan, ayam kampung yang dimasaknya adalah ayam yang masih muda atau berumur 3-4 bulan.

Dalam sehari Ampera Ayam Kampung Simpang Tiga Aripan menghabiskan sebanyak 20 ekor ayam kampung, di antaranya sebanyak 15 ekor digoreng dan sisanya diolah menjadi gulai.

Herlina yang datang bersama sang suami mencoba mencicipi rasa makanan ayam kampung tersebut. Berkali-kali mereka berdua dibuat takjub dengan rasa enak menu tersebut. Apalagi ditambah dengan balutan goreng cabai hijau atau lado mudo yang dicampur dengan jengkol, yang jelas sangat membuka selera.

Salah satu menu kuliner legendaris di Ampera Ayam Kampung Simpang Tiga Aripan. [Foto: Tangkapan Layar YouTuber/Herlina Basri]
Untuk sayurnya, di sini tersedia jengkol muda, yang bisa langsung dilahap mentah. Lalapan tersebut tersedia gratis bagi pengunjung.

Bicara soal harga, kamu tak perlu takut karena sangat bersahabat di kantong. Herlina yang memakan beragam jenis menu, yakni: 2 porsi ayam kampung goreng, 1 porsi ayam kampuang balado, 1 porsi gulai ati ayam, 1 porsi gulai gajeboh, 1 porsi samba lado ijo, 1 porsi sayuran, nasi untuk 2 orang, hanya membayar seharga Rp70 ribu saja.

Baca Juga: Berani Coba! Rumah Makan di Padang Pariaman Ini Sajikan Gulai Ikan ‘Super Langka’

Selain rasanya yang enak harganya pun super murah bukan. Bagaimana, kamu ingin mencoba? Silahkan berkunjung ke Sumbar dan datang langsung ke Ampera Ayam Kampung Simpang Tiga Aripan. [isr]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist