Diserang Tawon, Anggota TNI AD Lumpuh Selama 4 Tahun

Penulis: Erika

Berita viral terbaru dan berita trending terbaru: seorang prajurit TNI AD ini disengat tawon yang paling mematikan saat bertugas.

Padangkita.com – Ade Casmita, prajurit TNI AD berpangkat Kopral Kepala (Kopka) harus menjalani kehidupannya yang begitu pilu. Dirinya tidak bisa melakukan apapun karena lumpuh akibat tersengat tawon yang mematikan.

Ade harus menanggung penderitaan tersebut selama empat tahun lamanya. Saat ini, ia hanya bisa berbaring di atas tempat tidur dan duduk di kursi roda. Ia juga tak bisa bekerja apa-apa.

Beruntungnya, Ade memiliki seorang istri dan tiga anaknya yang bersedia merawatnya dengan ketulusan hati mereka.

Keluarga Ade kini bertahan hidup dengan menjual cemilan seblak dan gaji dari Kopka Ade.

Pengalaman nahas ini terjadi saat dirinya mendampingi latihan penembakan rudal di Ambal, Kebumen, Jawa Tengah. Kala itu, Ade tengah memasang salah satu alat di atas tower telekomunikasi milik Telkom.

“Berangkat latihan dari Resimen kita, 3 batalyon. Bawa astros yang terbaru semua. Latihan penembakan rudal, makanya saya pasang repeater. Begitu pasang repeater 70 meter, tower Telkom itu,” cerita Ade di kanal YouTube resmi TNI AD.

Namun, ketika hendak berpijak di atas tower, Ade melihat ada sarang tawon ndas atau dikenal dengan sebutan Vespa Affinis.

Ia pun berinisiatif menjatuhkan sarang tawon yang dikenal mematikan tersebut agar dirinya aman saat berada di atas tower.

Nahasnya, tindakan yang dilakukan oleh Ade membuat dirinya harus menanggung akibat yang begitu fatal.

“Tahu-tahu (tawon ndas) ngeroyok, ada sekitar 8 ekor. Entupan (sengatan) itu di kepala, badan,” tutur Ade.

Kendati begitu, Ade tetap berusaha untuk turun dari tower dengan selamat. Setelah hal itu terjadi, Ade merasakan tidak enak badan.

Istri Ade yang bernama Rita sempat ingin membawa Ade ke Kesdim, tetapi ditolak mentah-mentah oleh Ade-nya.

Hingga saat Ade bangun dari tidurnya di esok hari, ia mengeluh kepada sang istri tidak bisa melakukan apa pun alias tidak dapat bergerak.

Ternyata akibat dari sengatan tawon ndas, Ade mengalami stroke mendadak dan lebih parahnya lagi ia lumpuh hingga kini.

Perlu diketahui, tawon ndas atau vespa affinis merupakan tawon predator yang memiliki kemampuan untuk memasukkan racun ke tubuh manusia.

Melansir dari Kompas.com, pada dosis kecil atau yang sengatannya sekitar 1-2 ekor tawon ndas, racunnya menimbulkan alergi dengan gejala-gejala seperti bengkak.

Sementara, apabila tawon ndas yang menyengat berjumlah banyak, dapat menimbulkan hiperalergi yang jika tidak ditangani akan berlanjut menjadi anafileksis hingga sistemik atau merusak organ hanya dalam hitungan hari.

Baca Juga: Diserang Menggunakan Dodos Sawit, Perempuan Paruh Baya di Pasbar Tewas

Efek lainnya, dapat menyebabkan edema perut hingga gagal ginjal akut di mana fungsi ginjal menurun. [*/rik]


Baca berita viral terbaru dan berita trending terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist