Direktur BNPB Terpilih Sebagai Ketua Umum DPP IKA Unand 2021-2025

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com Rustian, yang saat ini menjabat sebagai Direktur Dukungan Sumber Daya Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), terpilih sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Andalas (Unand) periode 2021-2025.

Alumni Farmasi Unand ini berhasil menyingkirkan 5 calon lain dengan memperoleh 17 suara dari total 37 suara. Dua suara dinyatakan tidak sah. Pemilihan Ketum IKA Unand ini diadakan dalam Kongres VI IKA Unand di Hotel Truntum (eks Grand Inna Padang), Sabtu (7/8/2021).

Karena keterbatasan akibat pandemi Covid-19, kongres dihadiri secara terbatas. Sebagian peserta hadir langsung dan sebagian lagi harus mengikuti kongres secara online.

Proses pemilihan yang dipimpin oleh Steering Committee (SC) Shadiq Pasadigoe didampingi 2 anggota SC sempat berjalan alot dan panas. Opsi pemilihan secara musyawarah dan mufakat ternyata tidak membuahkan hasil alias buntu.

Setelah diwarnai perdebatan sengit dan interupsi peserta kongres, akhirnya proses pemilihan dilanjutkan melalui mekanisme voting. Shadiq sebagai pemimpin sidang Pleno 4 Kongres VI IKA Unand memanggil satu per satu pemilik suara dan mempersilakan mencoblos salah satu nama calon dan memasukan ke kotak suara.

“Setelah diverifikasi SC, akhirnya menetapkan 35 pemilik suara sah Kongres VI IKA Unand,” ujar Shadiq.

Ketua SC Yul Akhyari Sastra kemudian mengumumkan hasil perolehan suara untuk 6 calon Ketum. Sebanyak 13 suara dicoblos langsung dan 22 suara disampaikan secara online.

“Berdasarkan penghitungan online dan offline, DBL (Denny Azani B. Latief) 2 suara, Imelda Sari 2 suara, Khairul Ikhwan nol suara, Rustian 17 suara, Suharman Noerman 0 suara dan yang keenam Surya Tri Harto 14 suara. Total suara 35, sah,” kata Yul Akhyari Sastra.

“Terima kasih,” ujar Rustian singkat usai pengumuman hasil pemilihan.

Setelah pemilihan, ditetapkan 4 orang sebagai ketua dan anggota mide formatur. Mereka bersama ketua umum terpilih bertugas menyusun kepengurusan DPP IKA Unand periode 2021-2025.

Dalam penyampaian visi-misi sebelumnya, Rustian mengungkapkan akan menjadikan organisasi IKA Unand sebagai kebanggaan para alumni dan almamater, berdaya saing tinggi, yang siap berkompetisi secara global untuk kejayaan bangsa.

Untuk mewujudkan visi itu dirinya telah menyusun program jangka pendek, menengah, dan jangka panjang.

“Jadi, ke depan Insya Allah tidak hanya untuk berkompetisi di nasional saja, nanti juga di kawasan Asia Tenggara, dan internasional. Kita akan berikhtiar terhadap itu,” ujarnya.

Baca juga: Pemilihan Ketua Umum IKA Unand Besok Dilakukan Secara Langsung dan Online

Mendukung visi tersebut, Rustian mengusung 3 misi yakni, membangun sinergi alumni dan universitas untuk mengembangkan almamater, meningkatkan potensi alumni secara konprehensif, integral, dan holistik, dan membangun bangsa dan negara melalui kolaborasi dengan stakeholder. (*/pkt)

Terpopuler

Add New Playlist