Dinas Perhubungan Pasbar Imbau Masyarakat Patuhi Protokol Covid-19

Penulis: Ahmad Romi

Simpang Empat, Padangkita.com – Dinas Perhubungan Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan saat bepergian menggunakan transportasi umum.

Kepala Dinas Perhubungan Pasbar, Rizaldi mengingatkan keselamatan dalam menggunakan kendaraan umum, baik jalur darat maupun jalur perairan dalam masa adaptasi kebiasaan baru harus semakin diperhatikan.

Baca Juga

Ia menuturkan, Dinas Perhubungan telah menyediakan angkutan transportasi umum untuk masyarakat yaitu berupa bus yang melayani perjalanan dari ujung pelosok Pasbar menuju Ibu Kota Kabupaten. Namun, kata dia, lebih banyak warga memilih memakai kendaraan pribadi.

“Karena kita sudah memasuki masa adaptasi kebiasaaan baru maka ada beberapa aturan yang diberlakukan terhadap angkutan umum yang sudah beroperasi,” tuturnya.

Setiap pengemudi dan penumpang wajib memakai masker sebagai salah satu protokol pencegahan Covid-19.
“Kami imbau kepada seluruh penumpang kendaraan umum, tidak terlepas juga pengendara kendaraan pribadi untuk selalu menggunakan masker apabila melakukan perjalanan,” imbaunya.

Kemudian, ia juga meminta kepada warga untuk mencari tahu apakah kendaraan yang akan ditumpangi sesuai dengan standar yang ditapkan oleh pemerintah atau tidak, dengan cara mengetahui kendaraan tersebut sudah uji KIR/uji kendaraan atau belum.

“Ini bisa dilihat dari stiker yang kita tempel di kanan kiri bagian depan kendaraan. Jika sudah ada stiker tersebut maka kendaraan itu sudah melakukan uji KIR dan layak untuk beroperasi,” jelasnya.

Selain itu, juga perlu diketahui bahwa kendaraan barang tidak boleh digunakan untuk mengangkut orang dan ini yang masih sering terjadi di Pasbar.

Ditambahkan, khusus untuk yang menggunakan jalur perairan tentu juga harus memperhatikan keselamatan dan keamanan dalam perjalanan.

“Misalnya seperti masyarakat kita yang akan melakukan penyeberangan dari Pulau Panjang ke Air Bangis, pakailah jaket pengaman atau pelampung agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya. [pkt]

Terpopuler