Dijuluki Manusia Virtual, Youtuber Korea Selatan Ini Gunakan Teknologi Deepfake Demi Ciptakan Wajah Cantik

Penulis: Putri

Berita viral terbaru dan berita trending terbaru: Youtuber Korea Selatan ini dijuluki manusia virtual demi ciptakan wajah cantik.

Padangkita.com – Belum lama ini Youtuber Korea Selatan, RuiCovery sukses membuat netizen terkejut soal fakta  mengenai dirinya. Pasalnya kecantikan Youtuber itu ternyata adalah ciptaan dari teknologi lanjutan Deepfake dan Artificial Intelligence (AI).

Namun, RuiCovery menegaskan bahwa anggota tubuhnya seperti, rambut, suara dan badan adalah asli. Ia hanya menggunakan teknologi Deepfake untuk mengubah wajahnya.

Lantaran hal itu, RuiCovery mendapat julukan “manusia virtual”. Banyak netizen, terutama para penggemarnya yang terkejut dan tak menyangka akan hal itu.

Hal itu lantaran, netizen tak melihat adanya penggunaan teknologi pada video-video yang kerap dibagikan Youtuber Korea Selatan itu.

Kini teknologi deepfake juga tengah menjadi sorotan publik. Terdapat beberapa perdebatan yang muncul terkait teknologi tersebut, terutama untuk mencegah terjadinya kejahatan dengan memanfaatkan hal itu.

Dilansir dari Oddity Central, bulan lalu Rui mengungkapkan rahasianya tersebut pada para penggemarnya. Ia pun mengungkapkan alasan menggunakan deepfake untuk menyembunyikan penampilan aslinya.

Kepada kantor berita Korea Selatan, KOCPC, Rui melakukan hal itu untuk menarik minat penonton di Youtube. Sebab, di Korea penampilan fisik menjadi hal utama untuk menarik perhatian.

Terkenal dengan industri kosmetik dan layangan operasi plastik terbaik,  membuat standar kecantikan di Korea meningkat. Lantaran hal itu, ia harus mempu tampil cantik namun berbeda dari yang lain.

Menurut RuiCovery, penampilannya masih tidak sesuai dengan standar kecantikan Korea Selatan. Lantaran hal itu ia merasa kurang percaya diri saat tampil di depan kamera.

Namun dibandingkan menjalani operasi plastik atau menutupi wajahnya dengan riasan, Rui lebih memilih menggunakan teknologi deepfake.

“Hasilnya sangat mengesankan, harus saya katakana,” ujar Rui, seperti dilansir dari Oddity Central pada Sabtu (20/3/2021).

Rui sendiri pertama kali dikenal karena kerap meng-cover lagu di Youtube. Sesekali ia juga membagikan vlog yang merekam kesehariannya.

Namun begitu, wajah yang selama ini terlihat di video miliknya adalah palsu. Beberapa penggemar kecewa lantaran merasa ditipu.

Rui sendiri menggunakan aplikasi Deepfake dan Artificial Intelligence (AI) milik DOB Studio. Saat ini aplikasi tersebut disediakan dalam versi beta tertutup. [*/Prt]


Baca berita viral terbaru dan berita trending terbaru hanya di Padangita.com

Terpopuler