Dermaga Danau Singkarak Bakal Dibangun Lagi, Dinas Perhubungan Langsung Bergerak

Penulis: Redaksi

Batusangkar, Padangkita.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Tanah Datar segera melakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan dinas terkait untuk percepatan pembangunan dermaga di Danau Singkarak.

“Karena Danau Singkarak masuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), bisa saja pembangunan dermaga lebih mengarah untuk pengembangan wisata. Salah satu titiknya di Tanjung Mutiara Nagari Batutaba, daripada rehab dermaga yang ada di Ombilin,” ungkap Sekretaris Dinas Perhubungan Yessy Akmaliza kepada Padangkita.com, Jum’at (29/10/2021).

Sebelumnya Selasa lalu, Bupati Tanah Datar Eka Putra berkunjung ke Kementerian Perhubungan yang disambut Direktur Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan (TSDP) Junaidi.

Bupati Eka Putra menyampaikan, kedatangannya merupakan salah satu upaya jemput bola untuk memperoleh dana pembangunan.

“Saat ini dermaga di Danau Singkarak yang terletak di Ombilin sudah rusak dan tidak layak digunakan, karenanya tentu di kesempatan ini kita berharap bantuan Pemerintah Pusat, agar dermaga bisa dimanfaatkan lagi,” ujar Eka.

Ia menyebutkan, dengan dibangun dan mengaktifkan kembali dermaga itu, akan bisa dimanfaatkan masyarakat dalam aktivitas keseharian dan juga bisa menarik wisatawan untuk berkunjung.

“Dermaga yang pernah dibangun tahun 2012 lalu oleh Kementerian Perhubungan bisa dibangun kembali baik melanjutkan dermaga lama ataupun membangun baru,” harap Eka.

Sementara itu Direktur TSDP Junaidi mengungkapkan, pembangunan dermaga di Danau Singkarak untuk Kabupaten Tanah Datar belum masuk ke dalam Rencana Induk Pembelanjaan Negara (RIPN).

Baca juga: Dewan Minta Pemkab Tindak Hotel di Sekitar Danau Singkarak yang Jadi Tempat Asusila

“Untuk bisa masuk RIPN, ada beberapa persyaratan harus dipenuhi terbagi dalam 2 kelompok tahapan, yakni tahap pra-desain dan tahap desain. Seperti studi kelayakan, ketersediaan lahan, sampai izin lingkungan AMDAL,” terangnya. [djp/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist